SIUP dan TDP Tak Lagi Diperpanjang

Jakarta, BatamEkbiz.Com — Pemerintah memutuskan untuk menghapus kewajiban perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan menggratiskan pengurusan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Langkah ini diambil sebagai salah satu upaya memperbaiki indeks kemudahan berusaha (ease of doing bussines-EODB) di Indoesia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengatakan, dengan kebijakan tersebut, ke depan perusahaan yang sudah beroperasi, asal nama tidak berubah, tidak perlu lagi memperpanjang SIUP dan TDP.

“Poinnya, minggu depan sudah tidak ada lagi itu kewajiban,” ujarnya di Jakarta, minggu lalu.

Presiden Joko Widodo ingin agar kemudahan berusaha terus diperbaiki. Walau indeks kemudahan berusaha Indonesia membaik 15 peringkat dari posisi 106 menjadi 91, Presiden ingin agar peringkat itu bisa diturunkan sampai ke bawah 50.

Enggar menuturkan, agar kebijakan tersebut bisa segera berjalan, pihaknya dalam waktu dekat segera mengeluarkan surat edaran ke semua dinas agar kewajiban tersebut ditiadakan.

Di Batam, kebijakan pengapusan perpanjangan SIUP dan TDP tersebut mendapat respon positif pelaku usaha. Menurut Agus, seorang pelaku usaha di kawasan Batam Centre, dengan kebijakan tersebut dirinya tak perlu repot-repot lagi memperpanjang SIUP dan TDP setiap lima tahun sekali.

“Repot kalau memperpanjang setiap lima tahun sekali. Maklumlah, urusan dengan birokrasi ini ribet, bolak-balik, dan selalu keluar duit,” katanya. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *