Slamet Munawar Ketua Pemuda Muhammadiyah Batam

Batuaji, BatamEkbiz.Com — Slamet Munawar terpilih sebagai ketua dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke IV Pemuda Muhammadiyah Kota Batam, pekan lalu. Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Batam ini unggul dengan memperoleh 10 suara dari kandidat lain, Salafuddin yang hanya mendapatkan 4 suara.

“Saat ini kami sedang menyusun struktur kepengurusan Pemuda Muhammadiyah Kota Batam yang akan dilantik dalam waktu dekat,” kata Slamet, Sabtu (19/3/2016).

Musda Pemuda Muhammadiyah digelar di aula Muhammadiyah Batam, Jalan Prof Dr Hamka, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batuaji. Pada hari yang sama juga digelar Musda ke V Muhammadiyah Kota Batam.

Kegiatan itu dihadiri Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Safiq Mugni. Menurut Safiq, Batam direncanakan sebagai pusat Muhammadiyah ASEAN. Untuk mencapai itu, Muhammadiyah akan membangun rumah sakit dan kampus bertaraf internasional di Batam.

“Rencana ini patut direalisasikan, melihat banyak mahasiswa dari negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Kamboja dan negara lain yang kuliah di Muhammadiyah. Muhammadiyah harus memperluas jaringan dan menggandeng kerja sama dengan lembaga luar dan lembaga di negara ASEAN,” katanya.

Terkait penyelenggaraan musda, Safiq berharap siapapun ketua terpilih dapat menjadikan Muhammadiyah sebagai sarana dakwah yang efektif dan mampu merangkul semua jamaah. Ia juga menginginkan Muhammadiyah Batam ke depan lebih bersinergi dengan masyarakat, pemerintah, dan lintas instansi terkait lainnya, serta tetap mengedepankan keharmonisan hidup sebagai bangsa yang berbudaya dan beragama.

“Ketua terpilih nanti harus memobilisasi sumber daya Muhammadiyah, supaya menjadi sarana dakwah yang efektif,” katanya.

Melalui akun media sosialnya, Salafuddin mengucapkan selamat atas terpilihnya Slamet Munawar sebagai Ketua Pemuda Muhammadiyah Batam. Ia berharap Slamet Munawar dapat membawa organisasi semakin maju lagi.

“Setidaknya saya sudah memberanikan diri untuk melawan Kanda Slamet Munawar, walaupun hasilnya yang menjadi Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah (adalah) Kanda Slamet Munawar dan saya mendapatkan formateur,” sebutnya.

Slamet Munawar bukanlah orang baru di lingkungan Muhammadiyah Batam. Periode sebelumnya, 2011-2015, Slamet menjabat sebagai Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Batam dengan ketuanya Moh Iqbal.

Slamet juga aktif berkecimpung di sejumlah organisasi kepemudaan yang ada di Batam. Dia pernah menjabat sebagai Bendahara KNPI Batam periode 2009-2012 yang diketuai Gustian Riau dan Sekretaris Andi Muhtar. Namun ia mengaku tak pernah memegang uang organisasi selama menjabat sebagai bendahara.

“Jangan dikira saya selalu pegang uang banyak sebagai bendahara. Uang dipegang langsung ketua atau sekretaris,” katanya waktu itu. (R05)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *