Speedboat Dilarang Berlayar, Penumpang Terlantar

Sekupang, BatamEkbzi.Com – Suasana berbeda terlihat di Pelabuhan Domestik Sekupang, Rabu 5 Juli 2017. Ratusan penumpang mondar-mandir di ruang tunggu keberangkatan. Mereka terlantar, speedboat yang hendak mereka tumpangi tidak diizinkan berangkat oleh Kepala Kantor Pelabuhan (Kakanpel) Batam, karena tidak memiliki alat keselamatan memadai.

Sejumlah nakhoda dan anak buah kapal juga menunjukkan aktivitas yang sama. Mereka hanya mondar-mandir di dermaga pelabuhan, menunggu izin keberangkatan kapal.

Kondisi tersebut membuat para penumpang kesal. Keberangkatan mereka terpaksa tertunda karena speedboat yang akan mereka tumpangi dilarang berangkat.

“Saya berangkat dari rumah pukul 07.30 supaya tidak antre. Ternyata kapalnya gagal berangkat, apa masalahnya saya tidak begitu paham,” kata seorang penumpang, Amrul yang hendak berangkat menuju Tanjungbalai Karimun.

Penumpang lainnya, Wawan juga menyayangkan kapal gagal berangkat. Meski demikian, dia mendukung langkah Kakanpel Batam yang melarang kapal tanpa alat keselamatan untuk berlayar.

“Alat keselamatan ini sangat penting bagi penumpang, apalagi penumpangnya tidak sedikit,” katanya.

Hingga pukul 12.10, belum ada satupun speedboat yang berangkat dari Pelabuhan Domestik Sekupang. Sejumlah ABK juga masih mondar mandir di dermaga dekat kapal, karena belum dapat izin berlayar.

Kakanpel Batam, Bambang Gunawan membenarkan pelarangan tersebut. Menurutnya, hasil evaluasi yang dilakukan menyebutkan bahwa mayoritas kapal atau speedboat di Pelabuhan Domestik Sekupang tidak laik jalan.

“Karena belum memenuhi standar keselamatan, seperti life raft dan sertifikasi kapten kapal,” katanya.

amrullah/suradi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *