Surya Makmur Ingin Masyarakat Karimun Segera Nikmati Listrik

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepri, Surya Makmur Nasution menginginkan PT Soma Daya Utama segera melakukan pembangunan fisik, sebagai bukti keseriusan dan kesungguhannya untuk membangun penyediaan listrik. Sebab masyarakat dan dunia usaha di Karimun sudah sangat berharap dapat menikmati aliran listrik. Dia juga meminta PT Soma menyiapkan administrasi perizinan sebagai perusahaan pengadaan listrik sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami juga meminta PT Soma melakukan pendekatan sosial dengan lingkungan tanpa menimbulkan masalah sosial,” kata Surya Makmur menanggapi hasil pertemuan antara Komisi III DPRD Provinsi Kepri dengan PT Soma Daya Utama di Batam, Kamis 15 Maret 2018.

Pembangunan PLTU Soma Karimun sebenarnya sudah diresmikan Gubernur Kepri pada 21 Maret 2016 dan ditargetkan selesai 2018. Saat itu gubernur sudah mewanti-wanti agar pembangunan selesai sesuai target. Dia mengaku tak ingin ‘trauma batu pertama’ terkait pembangunan kelistrikan, seperti halnya pembangunan interkoneksi Batam-Bintan. Dia punya pengalaman pahit setelah peletakan batu pertama, namun kelanjutan pembangunannya tidak jelas. Akibatnya rakyat yang sangat mendambakan tambahan daya listrik tak kunjung usai.

Sementara itu Direktur Utama PT Soma Daya Utama, Franky Yason mengatakan, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Soma Karimun dengan kapasitas 2×25 MW ditargetkan beroperasi awal 2020. Target ini mundur dua tahun dari seharusnya 2018 ini.

PLTU ini akan melayani kebutuhan listrik di zona I Karimun dengan luas sekitar 30 kilometer persegi. Sedangkan sisanya akan dilayani PT PLN (Persero).

“Saat ini pembangunan PLTU sudah tahap finalisasi dan sedang mengurus izin untuk pembangunan pelabuhan batubara bagi kepentingan mesin pembangkit. Target pembangunan PLTU rampung dan bisa beroperasi pada kwartal pertama tahun 2020,” katanya. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *