Susun RTRW, Bintan Berdayakan Potensi Lokal

BINTAN – Pemkab Bintan terus mematangkan penyusunan rancangan tata ruang wilayah (RTRW) agar fungsinya semakin luas. Di antaranya dengan melibatkan dan memberdayakan potensi lokal.

“Apalagi kondisi sekarang, dimana investor yang datang akan melihat potensi dan pengembangan daerah. Tentunya di samping diperlukannya suatu kawasan industri terpadu, juga harus melibatkan potensi lokal yang nantinya secara fleksibel dapat menciptakan lapangan kerja secara berkesinambungan,” ujar Bupati Bintan Apri Sujadi, Rabu 18 Oktober 2017.

Untuk mematangkan penyusunan RTRW itu, Apri juga diskusi bersama konsultan dari Kota Bandung. Diskusi ini juga dihadiri Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (BP3D) Daerah Kabupaten Bintan, Wan Rudi Iskandar dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bintan Fachrimsyah di Kantor BP3D Kabupaten Bintan.

Menurut Apri, RTRW nantinya akan diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Sehingga tidak saling berbenturan dan sinkron satu sama lain.

“Tentunya kami ingin membuat suatu pola ruang yang nyaman bagi masyarakat dan investor yang nantinya disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Jadi tidak serta merta langsung membuat tata ruang begitu saja. Banyak yang harus kami sesuaikan dengan kondisi lapangan dan potensi terkini daerah,” katanya. (bow)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *