Syarat dukungan calon perseorangan Batam 66.984 orang

Sekupang, BatamEkbiz.Com – KPU Batam telah membuka pendaftaran bagi pasangan calon yang akan maju dalam Pilkada Kota Batam melalui jalur perseorangan pada 24 Mei sampai 24 Juli. Salah satu syaratnya, wajib mengantongi dukungan minimal 6,5 persen dari jumlah penduduk sebanyak 1.030.529 jiwa.

“Jadi pasangan calon perseorangan yang akan maju dalam Pilkada harus mengumpulkan 66.984 dukungan dan tersebar lebih dari 50 persen dari 12 kecamatan se-Kota Batam,” kata Anggota KPU Batam Mangihut Rajagukguk, Selasa (26/5/2015).

Untuk penyerahan dukungan, jelas Mangihut, pasangan calon perseorangan bisa menyerahkan ke KPU Batam mulai 11 sampai 15 Juni. Sedangkan untuk formulir, bisa diunduh melalui website KPU Kota Batam, www.kpubatam.go.id.

Selain harus mengantongi dukungan minimal 6,5 persen, calon perseorangan yang hendak maju di pemilihan wali kota (Pilwako) Batam juga harus memenuhi persyaratan lainnya. Di antaranya berusia minimal 25 tahun, pendidikan minimal SMA, tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dengan ancaman lima tahun atau lebih, tidak pernah melakukan perbuatan tercela yang dibuktikan dengan surat keterangan catatan kepolisian, mengundurkan diri sebagai anggota TNI, Polri, dan PNS sejak mendaftarkan diri sebagai calon, dan syarat lainnya. Persyaratan pencalonan ini sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Waki Wali Kota.

“Untuk calon dari partai politik masih belum, saat ini kami hanya membuka proses pencalonan independen saja,” jelas mangihut.

Menurut Mangihut, sejumlah kandidat mulai menanyakan ke KPU Batam terkait persyaratan pencalonan bagi perseorangan. Kandidat tersebut di antaranya Anggota DPD RI Ria Saptarika, Tokoh Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepri Huzrin Hood, dan Anggota DPRD Provinsi Kepri dari Partai Gerindra Asnah.

“Mereka hanya menanyakan syarat-syarat pencalonan, kalau untuk pendaftaran belum ada masuk ke KPU,” ujarnya. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *