Tunda Kenaikan Tarif Listrik Batam! Ini Alasannya…

Seibeduk, BatamEkbiz.Com — Keinginan b’right PLN Batam untuk menaikkan tarif listrik tahun ini kembali terbentur. Masyarakat berharap kenaikan itu ditunda, karena tidak adanya transparansi laporan keuangan PLN Batam selama ini.

“PLN harusnya membuka laporan keuangannya kepada publik, agar masyarakat bisa memahami alasan PLN Batam untuk menaikkan tarif listrik. Apakah benar merugi atau hanya ingin mendapatkan keuntungan lebih besar lagi,” kata Ardi, warga GMP, Kelurahan Duriangkang, Kecamatan Seibeduk, Rabu, 30 November 2016.

Tidak hanya disuarakan berbagai kalangan masyarakat, penolakan kenaikan tarif listrik juga disampaikan Wali Kota Batam, Rudi. Menurutnya, kebijakan kenaikan tarif listrik dinilai tidak tepat, di tengah kondisi perekonomian masyarakat yang belum membaik.

“Saat ini ekonomi masyarakat sedang sulit. Banyak keluhan masyarakat masuk kepada saya, SMS (pesan singkat) banyak, WA (WhatsApp) juga banyak,” katanya.

Rudi mengaku akan menindaklanjuti keluhan masyarakat itu dengan mengirimkan surat permintaan penundaan kenaikan tarif listrik Batam kepada Gubernur Kepri. Sebab saat ini rencana kenaikan tarif listrik Batam masih dalam pembahasan DPRD Kepri dan menunggu persetujuan gubernur.

“Pemerintah sebisa mungkin mengurangi beban hidup masyarakat. Semua yang terkait hidup masyarakat banyak harus dikaji dulu. Makanya kami akan menyurati gubernur, karena kewenangan persetujuan kenaikan tarif listrik ada di provinsi, bukan kita lagi,” kata Rudi. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *