UKM Pers STT Ibnu Sina Dalami Jurnalisme Kampus

Pelita, BatamEkbiz.Com — Ketertarikan mahasiswa Batam terhadap jurnalistik makin tumbuh. Salah satunya ditunjukkan kalangan mahasiswa yang berhimpun di unit kegiatan mahasiswa (UKM) Pers Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Mereka rutin menggelar diskusi tentang pengelolaan pers kampus dengan mengundang sejumlah pemateri yang aktif di bidang pers.

Dalam kegiatan pada Minggu, 5 November 2017 misalnya, UKM Pers STT Ibnu Sina menghadirkan Asisten Redaktur KORAN SINDO BATAM Zaki Setiawan. Ia pernah punya pengalaman menerbitkan tabloid Suara Kampus saat masih aktif sebagai mahasiswa serta merintis dan mengelola media online batamekbiz.com dan suaraumat.co.id.

Diskusi ini diikuti sekitar 17 anggota UKM Pers STT Ibnu Sina Batam. Peran strategis hingga potensi pers mahasiswa dipaparkan dalam kegiatan yang berlangsung di Ruang C-305 Kampus STT Ibnu Sina tersebut.

Menurut Zaki, pers mahasiswa memiliki peran strategis di internal maupun eksternal kampus. Di internal kampus, pers mahasiswa bisa menjadi motivasi bagi lahirnya karya-karya tulis maupun kepedulian mahasiswa untuk terlibat aktif dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Sementara di eksternal kampus, pers mahasiswa bisa menjadi sumber informasi alternatif yang lebih jernih dan obyektif. Karena mahasiswa memiliki idealisme dan independensi, sehingga terbebas dari beragam kepentingan, terutama politik dan orientasi hanya untuk mendapatkan keuntungan,” katanya.

Ketua UKM Pers STT Ibnu Sina Batra berharap kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat kepada para mahasiswa yang ingin menekuni dunia jurnalistik kampus. Sehingga mendapatkan pengetahuan dan wawasan sebagai modal untuk mengelola pers kampus di Ibnu Sina. (mhs)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *