Usir Bau Tak Sedap di Mobil dalam Sekejap

Bau tak sedap yang menguar dari dalam mobil, tentunya akan membuat duduk Anda menjadi tak nyaman. Penumpang lain pun akan merasa tak betah.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait penyebab bau pada kabin mobil Anda. Di antaranya serpihan makanan atau sampah yang tidak dibersihkan, tumpahan minuman, karpet basah karena terkena cipratan hujan atau becek, hingga tumpahan karena mabuk perjalanan, bisa menyebabkan aroma tak sedap.

Untuk mengatasinya, mulailah dengan langkah-langkah pembersihan termudah terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda dapat membersihkan daerah berbau tak sedap yang sulit dijangkau.

Jika jok dan karpet mobil Anda basah atau kotor, segera keluarkan dan bersihkan dengan sempurna. Jemur karpet di terik matahari untuk menghilangkan bau lembab dan mencegah jamur.

Jangan lupa bersihkan saluran AC beserta kisi-kisinya menggunakan sikat halus atau kain lembap. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel beserta debu.

Untuk mengusir sisa bau, bukalah pintu dan kaca mobil Anda sekitar 30 menit. Hal ini agar terjadi sirkulasi atau pergantian udara di dalam kendaraan.

Untuk menghilangkan bau apek, Anda bisa menuangkan bubuk kopi di sebuah wadah, kemudian tempatkan di beberapa bagian mobil. Kopi sejatinya dapat menyerap dan menetralkan berbagai jenis bau.
Selain dengan bubuk kopi, bau tak sedap dari asap rokok misalnya, juga bisa dibasmi dengan cuka putih. Caranya, letakkan handuk di dalam mangkuk plastik yang terpisah dan isi mangkuk dengan cuka putih. Letakkan mangkuk berisi cuka tersebut di dalam mobil untuk menyerap bau rokok yang menempel. Sehingga saat mangkuk dikeluarkan dari mobil, bau asap rokok akan ikut hilang.

Jika ingin aroma lebih segar, Anda bisa menggunakan potongan jeruk nipis. Biarkan dua benda ini berada di dalam kabin mobil yang tertutup selama kurang lebih 24 jam. Niscaya bau secara alami berangsur-angsur akan hilang.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *