Walikota Batam HM Rudi Terus Kembangkan Pembangunan Infrastruktur

Batam, Batam Ekbiz.Com, – Pembangunan infrastruktur tidak semua dapat terkafer terutama ditenggarai oleh kekurangan anggaran.

Seperti pembangunan Pasar Induk Jodoh yang kini anggarannya diajukan ke Kementrian Perdagangan. Pembangunan fisik pasar diprediksi membutuhkan anggaran Rp 200 miliar,” jelas Jefridin, Kamis 30 Mei 2019 di Alun-Alun Engku Putri.

“Membangun pasar induk tidak bisa serta merta. Tapi di mulai dari DEDnya tahun ini. DEDnya dari (pembiayaan) daerah, sementara fisik dari pusat.Kalau ada anggaran fisiknya bisa mulai dibangun tahun ini ,” jelasnya.

Tapi demikian, Jefridin menerangkan era Wali Kota Batam Muhammad Rudi infrastruktur terus dikembangkan, seperti jalan sampai pengembangan destinasi, tidak ketinggalan destinasi wisata religi seperti Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

“Untuk PIK tahun ini Pemko Batam menggelontorkan dana Rp 1,3 miliar per keluraha, bantuan pemerintah pusat sebesar Rp 350 juta perkelurahan, totalnya Rp 1,650 miliar untuk kelurahan pada tahun ini,” jelasnya.

Pengembangan infrastruktur ini, tak lepas untuk meningkatkan kunjungan wisata.
Kunjungan wisatwan terbukti meningkat setelah infrastruktur dibangun.

Wisatawan mancanegara (wisman) untuk tahun 2018 datang 1,887 juta, jauh meningkat dari tahun sebelumnya,untuk domestik hampir 10 juta pada tahun2018,” jelasnya.

Total APDB Kota Batam tahun 2019 Rp 2,850 trilun, separuhnya merupakan sumbangsih Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata.(Cr2)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *