10 Besar STQH Nasional XXVI, Kepri Urutan 7
5 Peserta dari Kepri berhasil menorehkan prestasi terbaik di STQH Nasional XXVI. (Foto_Juhaifa)

BatamEkbiz.com – Gelaran Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Nasional XXVI resmi ditutup dan beberapa provinsi masuk 10 Besar STQH. Seremoni penutupan berlangsung di Halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Kota Sofifi, Maluku Utara Jumat (22/10/2021).

Dewan Hakim memutuskan Provinsi DKI Jakarta sebagai Juara Umum STQH Nasional XXVI. DKI Jakarta berhasil mengoleksi 9 medali, disusul Jawa Timur 8 medali, dan Sumatera Utara 6 medali.

Sementara Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berhasil menempati peringkat tujuh. Kepri berada di bawah Banten peringkat 4, Riau dan Kalimantan Selatan peringkat 5, dan Jawa Tengah peringkat 6.

Berikut peringkat 10 besar STQH Nasional XXVI.

  1. DKI Jakarta (Juara Umum)
  2. Jawa Timur
  3. Sumatera Utara
  4. Banten
  5. Riau dan Kalimantan Selatan
  6. Jawa Tengah
  7. Kepulauan Riau
  8. Jawa Barat
  9. Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Selatan
  10. Sumatera Barat dan Papua

Di beberapa cabang, peserta dari Kepri berhasil masuk tiga besar terbaik STQH Nasional XXVI. Di antaranya Cabang Tilawah Al-Qur’an, Nanda Anan Mumtaz berhasil menjadi Qori Terbaik Ketiga untuk golongan anak-anak.

Kemudian di Cabang Hafalan Al-Qur’an, Rahmi Azkiyah Al-Farisi berhasil menjadi Hafizah Terbaik Kedua untuk Golongan Hafalan 1 Juz dan Tilawah. Begitu juga Andika Pangestu yang menjadi Hafiz Terbaik Kedua di Golongan Hafalan 5 Juz dan Tilawah. Sementara di Golongan Hafalan 10 Juz, Musta Dewi Indriani berhasil meraih . Selanjutnya di Golongan Hafalan 30 Juz, Sri Rahayu Lestari Putri berhasil menjadi Hafizah Terbaik Ketiga.

STQH Nasional XXVI diikuti 589 peserta yang berasal dari 34 provinsi. Kegiatan ini berlangsung mulai dari 14 sampai 23 Oktober 2021. Terdapat empat cabang lomba dipertandingkan, yaitu Tilawah Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Bahasa Arab, dan Musabaqah Hadits.

Baca juga: 5 Peserta Kepri Melaju ke Babak Final STQH XXVI Nasional Maluku Utara

Berikut peserta dari Kepri yang berhasil menorehkan prestasi terbaik di STQH XXVI Nasional.

  1. Nanda Anan Mumtaz, Qori Terbaik Ketiga Tilawah Anak-Anak Putra
  2. Rahmi Azkiyah Al-Farisi, Hafizah Terbaik Kedua Hifz 1 Juz dan Tilawah Putri
  3. Andika Pangestu, Hafiz Terbaik Kedua Hifz 5 Juz dan Tilawah Putra
  4. Musta Dewi Indriani, Hafizah Terbaik Ketiga Hifz 10 Juz Putri
  5. Sri Rahayu Lestari Putri, Hafizah Terbaik Ketiga Hifz 30 Juz Putri

Dalam STQH kali ini, Kepri memberangkatkan 57 kafilah. Terdiri dari 20 orang qori qoriah, 15 orang pelatih, 24 orang official dan 2 orang pendamping peserta untuk anak anak. Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Tengku Afrizal Dahlan menjadi Ketua Rombongan Kafilah Kepri di STQH Nasional XXVI Maluku Utara. (jo)