Connect with us

Kepri

Gubernur Ansar Kunjungi Kafilah Kepri di STQH Nasional Maluku Utara

Published

on

Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi Ketua Rombongan Kafilah Kepri Tengku Afrizal Dahlan saat mengunjungi kafilah Kepri di STQH Nasional ke-26 Maluku Utara, Sabtu (16/10/2021).

BatamEkbiz.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengunjungi kafilah Kepri di STQH Nasional ke-26 Maluku Utara, Sabtu (16/10/2021). Kehadiran Gubernur Ansar disambut langsung oleh Ketua Rombongan Kafilah Kepri Tengku Afrizal Dahlan yang juga menjabat anggota DPRD Kepri.

Kunjungan tersebut dilakukan Gubernur Ansar di sela-sela menghadiri Pembukaan Seleksi Tilawatil Al Quran dan Hadist (STQH) Nasional. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur berpesan kepada peserta untuk tetap semangat dan menjaga kondisi kesehatan.

“Tetap semangat dan tetap jaga kondisi kesehatan agar saat penampilan bisa maksimal. Begitu juga seluruh oficial, pelatih, dan pendamping untuk menjaga kekompakan demi meraih Kepri juara umum STQH Nasional ke-26,” katanya.

STQH) Nasional ke-26 di Maluku Utara dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Sabtu (16/10/2021) malam. Ditandai dengan pemukulan tifa dari halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Kota Sofifi.

Yaqut menyampaikan bahwa STQH merupakan saran mewujudkan Islam yang ramah untuk seluruh umat manusia. Perhelatan STQH di Sofifi memiliki makna strategis. Sarat dengan sejarah panjang dan kaya akan nilai-nilai kearifan lokal. Mengingat Maluku Utara adalah wilayah kesultanan Islam yang memiliki peradaban tinggi dalam mengembangkan Islam rahmatan lil alamin.

“Saya berharap penyelenggaraan STQH Nasional ke-26 di Maluku Utara dapat membumikan spirit Islam yang ramah dan damai. Karena Alquran adalah pusat energi dalam merawat Islam untuk mewarnai keragaman nusantara,” katanya.

Sebanyak 589 peserta dari 34 provinsi ikut ambil bagian dalam gelaran STQH Nasional ke-26 Maluku Utara. STQH juga melibatkan 60 Dewan Hakim dengan Ketua KH Said Agil Al Munawwar. Sedangkan Dewan Pengawas sebanyak enam orang dengan Ketua KH Nasaruddin Umar.

Baca juga: Afrizal Dahlan Pimpin Kafilah Kepri di STQH Maluku Utara

Dalam STQH Nasional tersebut, Kepri memberangkatkan 57 kafilah yang terdiri dari 20 orang qori qoriah, 15 orang pelatih, 24 orang official dan 2 orang pendamping peserta untuk anak anak. Gelaran STQH Nasional akan berlangsung dari 14 hingga 23 Oktober 2021 dengan memperlombakan empat cabang kategori. Masing-masing Seni Baca Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, dan Musabaqah Al-Hadits. (jo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *