Connect with us

UKM

Pertamina Foundation Luncurkan Program Jagoan Wirausaha Pesantren

Published

on

Pertamina luncurkan program Jawara Pesantren

BatamEkbiz.com – PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation dan Omah Asa meluncurkan program penggerak ekonomi nasional. Program itu adalah Jawara Pesantren atau Jagoan Wirausaha Pesantren.

Program Jagoan Wirausaha Pesentren ini rencananya akan dimulai pada 29 Desember 2021. Untuk tahap awal dimulai di wilayah se-Jombang Raya dan sekitarnya.

Founder Omah Asa, Ipang Wahid mengatakan bahwa program ini ditujukan untuk pesantren dan para santrinya. Melalui program ini, kini pesantren dan santrinya harus memiliki kapasitas di bidang kewirausahaan dan berani memulai bisnis.

“Di sinilah Omah Asa dan Pertamina Foundation menginisiasi program Jawara Pesantren. Kami berharap program ini bisa berlanjut ke kota-kota pusat santri di seluruh Indonesia,” katanya.

Jawara Pesantren menjadi program pendampingan dan kompetisi bisnis bergengsi untuk para santri dengan hadiah modal usaha. Nantinya, para santri akan diseleksi dan mengikuti proses coaching serta mentoring oleh profesional dan santripreneur berpengalaman.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari mengatakan program Jawara Pesantren akan membawa banyak perubahan dan manfaat untuk masa depan para santri dan pondok pesantren.

“Program ini akan menjadikan para santri sebagai subjek atau pemain utama yang punya tanggung jawab sekaligus membawa banyak perubahan di dalam masyarakat, khususnya dalam bidang wirausaha. Nantinya, tidak hanya bisnis santri yang dikembangkan melainkan pondok pesantrennya juga,” kata Agus.

Agus Mashud menambahkan program Jawara Pesantren selaras dengan program CSR PT Pertamina (Persero) untuk pemberdayaan pesantren. Selain itu, selaras juga dengan program unggulan Pertamina Foundation, PFmuda.

Baca juga: Bulan Pemuda Launching Kick Off Pesantrenpreneur Sambut Hari Sumpah Pemuda

“Jawara Pesantren mirip dengan pemberdayaan pesantren dan santripreneur CSR PT Pertamina (Persero) di Pondok Pesantren Al Ittifaq serta wilayah Cilacap dan Tuban. Di sana Pertamina memberikan pelatihan, pendampingan, dan juga pendanaan. Jawara Pesantren juga sangat pas bila dikaitkan dengan program PFmuda karena punya tahapan yang sama dan bertujuan untuk menuntaskan isu-isu sosial,” katanya. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *