Connect with us

Pariwisata

Taman Pelantar Tanjungriau, Destinasi Wisata di Kampung Tua Batam

Published

on

Taman Pelantar Tanjungriau, Destinasi Wisata di Kampung Tua Batam

BatamEkbiz.com – Taman Pelantar Tanjungriau di Kecamatan Sekupang menjadi destinasi wisata baru yang indah. Kawasan nelayan di sudut kampung tua Kota Batam ini telah berkembang menjadi daya tarik wisata dengan pedestrian yang dibangun melingkar sepanjang pesisir pantai.

Pelantar di atas laut ini dilengkapi plaza dengan fasilitas tempat duduk layaknya di taman. Terdapat juga taman bermain, sarana dan prasarana saluran drainase jalan, pengelolaan air limbah, gerbang masuk, gapura signage Tanjungriau, pembangunan jalan pelantar lingkar, dan jalan hotmix.

Kawasan ruang terbuka publik ini lokasinya berdekatan dengan Pelabuhan Internasional Sekupang dan Pelabuhan Teluk Senimba yang merupakan salah satu pintu masuk ke Kota Batam. Untuk sampai ke tempat ini, bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari kawasan Nagoya.

Taman pelantar ini merupakan bagian dari penataan kawasan Kampung Tua Tanjungriau. Dibangun melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Wisata Pantai Airnanti Barelang

Penataan Kotaku sudah direncanakan sejak tahun 2018 silam. Kemudian pengerjaan dilakukan tahun 2019. Awal tahun 2020 proyek ini sempat dihentikan sementara karena dampak penyebaran Covid-19, namun akhirnya dapat diselesaikan tahun 2021. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *