Connect with us

Teknologi

Daftar Set Top Box untuk Siaran TV Digital

Published

on

Set top box untuk program siaran televisi atau TV digital
Set top box untuk program siaran televisi atau TV digital.

BatamEkbiz.com – Daftar set top box untuk siaran televisi atau TV digital bisa dilihat di website siarandigital Kominfo. Masyarakat perlu memiliki perangkat ini untuk beralih menonton siaran TV digital.

Dengan perangkat set top box, masyarakat akan mendapat manfaat siaran TV yang lebih berkualitas. Sebab sekitar tiga bulan lagi, tepatnya 30 April 2022 sebanyak 166 kabupaten/kota akan berpindah ke siaran televisi atau TV digital.

Anda cukup menambahkan Set Top Box atau STB bila TV masih tabung atau analog dan tidak berencana mengganti televisi untuk bisa menikmati siaran TV digital. Sedangkan antena rumah yang sebelumnya digunakan untuk menangkap siaran analog tidak perlu diganti.

Baca juga: Migrasi Televisi Digital Dijadwal Ulang

Namun apabila pesawat televisi sudah ada tuner standar DVBT2 di dalamnya alias sudah digital, cukup lakukan pindai (scanning) ulang sinyal TV digital di sekitar tempat tinggal. Otomatis televisi digital bisa menangkap dan menayangkan program-program siaran TV Digital.

Yang perlu menjadi perhatian, pastikan saat membeli STB atau pesawat televisi digital ada keterangan produk telah tersertifikasi Kementerian Kominfo. Tanda sertifikasi merupakan jaminan atas kecocokan, keselarasan, dan keoptimalan fungsi piranti.

Daftar perangkat yang sudah tersertifikasi bisa dilihat di website siarandigital Kominfo. Tanda lainnya adalah logo “Siap Digital” atau Maskot Digital Indonesia (MODI) dalam kemasan.

Baca juga: 17 Agustus TV di Batam Akan Beralih ke Digital, Ini Alatnya

Setiap perangkat Set Top Box (STB) dan perangkat TV digital yang diperdagangkan di Indonesia wajib mengantongi sertifikasi. Selain itu, ada pula kewajiban sebuah perangkat memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate beberapa waktu lalu.

“Pemberlakuan ketentuan kewajiban pemenuhan TKDN 20 persen bagi perangkat Digital Video Broadcasting Second Generation Terrestrial (DVBT2),” kata Menteri Johnny.

Berikut beberapa daftar set top box atau dekoder untuk menangkap program siaran TV digital.
1. NEXMEDIA tipe NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
2. POLYTRON tipe PDV 600T2
3. ICHIKO tipe 8000HD
4. AKARI tipe ADS-2230, ADS-210, dan ADS-168
5. VENUS tipe Brio
6. TANAKA tipe T2
7. MATRIX tipe APPLE
8. EVERCOSS tipe STB1, STB Max, STB Pro, STB Mini
9. NEXTRON tipe NT2000-D dan TR 1000
10. EVINIX tipe H-1
11. MATRIX tipe CH-77
12. AKARI tipe ADS-525
13. TANAKA tipe T2 JURASSIC dan T2 New
14. FREEBOX tipe H-1
15. VISIO tipe HS1685
16. KUBIK tipe Kubik Arca DVB-T2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *