Connect with us

News

Hindari Bepergian ke Luar Negeri Cegah Lonjakan Kasus Covid-19

Published

on

Pelabuhan Feri Internasional Batam Centre, pintu masuk jalur laut ke Indonesia.
Hindari bepergian ke luar negeri untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19.

BatamEkbiz.com – Hindari bepergian ke luar negeri untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Demikian imbauan pemerintah kepada masyarakat agar bijak bermobilitas, dan menghindari kerumunan.

Peningkatan angka kasus konfirmasi harian menunjukkan bahwa penularan masih terus terjadi sehingga perlu upaya pencegahan.

“Jumlah kasus konfirmasi harian cenderung meningkat. Ini pengingat bagi kita bahwa COVID-19 masih ada, penularan masih terus terjadi di sekitar kita,” papar Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, Senin 17 Januari 2022.

Baca juga: Kepri Siagakan Satgas Covid-19 di Pintu Masuk Bandara dan Pelabuhan

Meski situasi pandemi di tanah air terkendali dan cakupan vaksinasi lebih tinggi dari sebelumnya, perkembangan Covid-19 masih sangat dinamis sehingga menuntut kehati-hatian. Terlebih mengingat telah menyebarnya varian baru Omicron, baik melalui kasus impor maupun transmisi lokal.

Hal ini juga tercermin pada jumlah kasus konfirmasi harian COVID-19 yang menunjukkan tren peningkatan. Dibandingkan awal Januari lalu, di mana waktu itu jumlah kasus konfirmasi harian cenderung berada di bawah angka 500 kasus per hari, kini kisaran angka kasus konfirmasi harian tercatat lebih tinggi.

Pada 16 Januari 2022, tercatat kasus konfirmasi harian 855 kasus. Sedangkan hari sebelumnya (15 Januari 2022) pertambahan kasus melebihi angka seribu, yakni 1.065 kasus.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19 di Kapal Antar Pulau di Kepri, Ini Imbauan Satgas

“Meningkatnya aktivitas masyarakat serta bertambahnya mobilitas, tidak bisa dipungkiri, memicu potensi penyebaran virus. Ini kita ketahui bersama,” tegas Johnny, “risiko terjadinya lonjakan kasus masih ada. Itu harus kita waspadai,” imbuhnya.

Upaya mengendalikan laju penularan, dikatakan Johnny, di antaranya adalah dengan cara bijak bermobilitas.

“Jangan ke luar negeri dulu apabila tidak betul-betul diperlukan. Kurangi bepergian, jauhi kerumunan. Kalau memang harus melakukan perjalanan, patuhi aturan yang ada dan tegakkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca juga: 5 Cara Alami Atasi Batuk Akibat Covid-19

Johnny berharap, semua pihak dapat menjalankan peran masing-masing dalam upaya pencegahan lonjakan kasus Covid-19.

“Tetap waspada dan wujudkan kewaspadaan itu dalam tindakan nyata. Kita tidak ingin lonjakan kasus kembali terjadi,” katanya. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *