Connect with us

Lingga

Lanal Dabo Tabur Bunga Peringati Hari Dharma Samudera dari Titik Nol Perairan Serak

Published

on

BatamEkbiz.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut atau Lanal Dabo Singkep melakukan tabur bunga di lokasi lega jangkar kapal perang tahun 1964.

Kegiatan memperingati Hari Dharma Samudera itu berlangsung di Titik Nol Derajat perairan Pulau Serak, Kabupaten Lingga, Sabtu 15 Januari 2022.

Tabur bunga memperingati Hari Dharma Samudera dipimpin langsung oleh Danlanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Didik Hermawan. Kegiatan diikuti para perwira, staf, dan Pengurus Jalasenastri.

Baca juga: 2 Kapal Perang Tangkap 3 Kapal Ikan Vietnam di Laut Natuna

Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang pertempuran di Laut Arafuru pada 15 Januari 1962.

Pertempuran antara Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Belanda itu menewaskan Komodor Yos Sudarso dan Anak Buah Kapal KRI Macan Tutul.

Lanal Dabo mengerahkan dua kapal patroli menuju lokasi tabur bunga di perairan Pulau Serak. Salah satunya adalah kapal patroli Cempa.

Baca juga: Menata Wajah Kota dari Kawasan Masjid Az-Zulfa Lingga

Selain mengenang pertempuran di Laut Arafuru, tabur bunga di tengah laut ini juga untuk menghargai jasa pahlawan Usman Harun.

“Kita mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang, bahkan melaksanakan pertempuran riil untuk mempertahankan negara Indonesia,” ujar Letkol Didik.

Upacara tabur bunga di perairan Pulau Serak ditandai dengan pelarungan karangan bunga oleh Danlanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Didik Hermawan. Pelarungan bunga juga diikuti oleh para perwira, staf, dan Pengurus Jalasenastri Lanal Dabo. (payling)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *