Connect with us

HIBURAN

Nuansa Kampung Melayu di Talam Sehidang, Lomba Masak Gubal Sagu

Published

on

BatamEkbiz.com – Nuansa kampung melayu melekat dalam Lomba Talam Sehidang, masak gubal sagu di Kabupaten Lingga, Rabu 5 Januari 2022. Busana, bahan dan alat masak, hingga cara penyajian dihidang layaknya saat melayu tempo dulu.

Bahan-bahan makanan untuk lomba gubal sagu tersebut dimasak di atas tungku dengan kayu api. Beberapa peralatan untuk memasak masih menggunakan berbahan bambu dan kayu dengan lampu penerangan berupa pelita.

Gubal adalah makanan khas melayu berbahan pokok sagu. Makanan khas yang sudah turun temurun di negeri bunda tanah melayu ini disajikan lengkap dengan gulai ikan. Menu lengkap gubal sagu ini kemudian dihidangkan di atas talam untuk disantap bersama melalui talam sehidang.

Sementara lokasi lomba dan stand-stand pameran dibuat layaknya miniatur rumah tradisional masyarakat melayu. Atapnya terbuat dari daun dengan beberapa hiasan daun kelapa dan tudung saji di masing-masing stand. Terdapat juga aneka kerajinan tangan yang terbuat dari kerang dan biota laut lainnya.

Lomba yang diikuti emak-emak dengan busana khas melayu ini berlangsung meriah di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep. Penyelenggaranya Sanggar Seni Desa Tanjung Harapan, BumDes Desa Tanjung Harapan, dan Komunitas Sepekan.

Bupati Lingga Muhammad Nizar mengatakan, pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada Desa Tanjung Harapan yang telah mengemas lomba dengan semangat gotong royong. Ia berharap lomba ini menjadi ikon bagi Desa Tanjung Harapan untuk dapat dilaksanakan pada event-event tertentu.

“Tinggal koordinasi saja dengan OPD (organisasi perangkat daerah) terakit supaya ini dapat dikemas ke depannya lebih baik lagi,” kata Bupati Nizar.

Dalam lomba tersebut Desa Tanjung Harapan berhasil meraih juara 1 untuk dua kategori sekaligus. Yakni juara 1 kategori lomba memasak gubal sebagai makanan khas melayu dan lomba stand pameran.

Sedangkan juara 2 lomba masak gubal sagu diraih Kelurahan Sungai Lumpur yang juga meraih juara 3 untuk kategori stand pameran.

Baca juga: Pantun Kehormatan, Pesan Erizal Lestarikan Tradisi Melayu

“Alhamdulillah kami meraih juara umum. Lomba memasak gubal makanan khas melayu kami dapat juara 1 dan lomba stand pameran kami juga dapat juara 1,” kata Kepala Desa Tanjung Harpaan, Irwansyah. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *