Connect with us

Hotel & Restoran

Hotel Harmoni Batam Tutup, 130 Karyawan Terancam Kehilangan Pekerjaan

Published

on

BatamEkbiz.com – Sekitar 130 karyawan terancam kehilangan pekerjaan jika Hotel Harmoni Batam tutup.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengungkapkan ancaman itu saat mengunjungi Hotel Harmoni yang sudah 30 tahun beroperasi di Batam.

Selain Hotel Harmoni Batam, sebelumnya beberapa hotel di Batam juga telah mengentikan operasionalnya.

Baca juga: Kondisi Hotel Harmoni Batam Menjelang Tutup Akibat Pandemi

Ansar mengaku sudah menyusun langkah-langkah untuk mengantisipasi penutupan hotel-hotel lainnya di Kota Batam.

“Terus terang saya merasa sedih. Ada 130 karyawan yang terancam kehilangan pekerjaan. Saya sudah membuat beberapa langkah upaya antisipasi yang akan disampaikan ke pemerintah pusat. Yakni usulan diskresi travel bubble di Kepri,” ujarnya, Jumat 11 Februari 2022.

Ansar menjelaskan, permintaan diskresi tersebut tidak hanya kemudahan bagi wisatawan mancanegara yang datang dari Singapura. Namun bisa diperluas bagi non-Singaporean seperti ekspatriat yang tinggal di Singapura. Pertimbangannya, wisatawan dari kalangan tersebut memiliki potensi yang cukup besar.

Baca juga: Hotel dan Restoran di Batam Tutup

Pemprov Kepri juga akan meminta pemerintah pusat memperluas pilot project travel bubble tidak hanya sebatas Bintan dan Nongsa saja. Kemudian mengaktifkan secara timbal balik jalur VTL (Vaccinated Travel Lane) atau jalur laut ke Kepri bagi wisatawan mancanegara yang sudah divaksin.

“Ada beberapa usulan lainnya yang akan saya sampaikan ke pemerintah pusat. Dan saya sudah minta Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Pak Buralimar segera menyusun usulan-usulan Kepri. Ini sebagai bentuk perjuangan kita mencegah pengangguran yang lebih besar lagi dan membangkitkan sektor pariwisata kita,” jelasnya.

Ansar menyebutkan bahwa ia telah mendapatkan informasi dari Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar terkait rencana penutupan Hotel Harmoni Batam.

Baca juga: Kamar Mewah Hotel di Pantai Trikora dan Lagoi Diskon Hingga 75 Persen

Menurutnya, hotel legendaris yang sudah 30 tahun beroperasi tersebut memiliki andil besar dalam dunia pariwisata di Kepri. Bahkan, saat masih menjabat Bupati Bintan, ia selalu memilih hotel tersebut sebagai tempat menginap.

Saat bertemu pemilik dan karyawan Hotel Harmoni, Ansar berharap sebagian besar karyawan bisa ditampung di hotel grup Harmoni lainnya. Ia juga berusaha meminta tenggat waktu untuk mengundur rencana penutupan hotel sambil mencari investor baru.

Namun, pemilik Hotel Harmoni, Antonius menyebutkan bahwa penutupan Hotel Harmoni tak bisa dielakkan lagi. Karena semakin sepinya kunjungan tamu hotel, terutama selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Harris Hotel Batam Center Jadi Tempat Karantina Atlet Kepri di PON Papua

“Kami punya tiga hotel, yakni Hotel Harmoni One, Hotel Harmoni Suite, dan Hotel Harmoni. Karena kondisi semakin sulit, kami terpaksa mengorbankan salah satu di antaranya. Dan dari berbagai pertimbangan, Hotel Harmoni di Jodoh inilah yang kami putuskan untuk tidak beroperasional lagi,” kata Antonius.

Menurut Antonius, sebanyak 130 karyawan akan mendapatkan pesangon selama sembilan bulan. Sebagian akan ditampung di dua hotel lainnya, sebagian dirumahkan sembari mencari investor baru. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *