Connect with us

Batam

8 Pelabuhan di Kepri Pintu Masuk Turis, Ini Daftarnya

Published

on

Turis dari Singapura masuk ke Batam, Provinsi Kepri dari Pelabuhan Nongsapura.
Turis dari Singapura masuk ke Batam, Provinsi Kepri melalui Pelabuhan Nongsapura.

BatamEkbiz.com – Sebanyak delapan pelabuhan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi pintu masuk turis. Kedelapan pelabuhan tersebut ada di Kota Batam, Tanjungpinang, dan Kabupaten Bintan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminta pengelola delapan pelabuhan itu menyiapkan fasilitas kedatangan turis. Di antaranya petugas test PCR, visa on arrival, tempat isolasi, hingga rumah sakit rujukan.

“Pengelola pelabuhan sudah harus menyiapkan fasilitas tersebut begitu mereka membuka pelayaran untuk turis,” katanya, Selasa 22 Maret 2022.

Baca juga: Ferry Batam Singapore Bisa Masuk Batam dari Seluruh Pelabuhan Internasional

Ansar juga mengajukan penambahan pelabuhan sebagai pintu masuk turis. Terutama pelabuhan di daerah lain, seperti di Kabupaten Karimun dan Anambas.

Sebelumnya, hanya ada dua pelabuhan yang menjadi pintu masuk turis di Kepri dalam skema travel bubble. Kedua pelabuhan itu adalah Nongsapura di Nongsa, Batam dan Bentan Telani di Lagoi, Bintan.

Semua turis yang tiba di pintu kedatangan pelabuhan, wajib menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya menjalani tes PCR, lalu menuju hotel untuk menunggu hasil tes.

Baca juga: Ketentuan Baru Wisatawan Singapura dan ASEAN Bebas Masuk Kepri

Dengan bertambahnya pelabuhan pintu masuk turis, Ansar berharap Pemerintah Singapura tak lagi membatasi kuota bagi warganya yang akan berkunjung. Saat ini Singapura membatasi kuota kunjungan ke Kepri hanya untuk 350 orang per minggu.

Daftar Pelabuhan di Kepri Pintu Masuk Turis

Kota Batam

  • Nongsa Terminal Bahari (Nongsapura).
  • Batam Centre
  • Sekupang
  • Citra Tri Tunas
  • Marina Teluk Senimba

Kabupaten Bintan

  • Bandar Bentan Telani Lagoi
  • Bandar Seri Udana Lobam

Kota Tanjungpinang

  • Sri Bintan Pura

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *