Connect with us

Batam

Jago Nasdem di Pilwako Batam 2024, Amsakar atau Marlin?

Published

on

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada acara Rakornas KAHMI di Batam.
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada acara Rakornas KAHMI di Batam.

BatamEkbiz.com – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina banyak dibicarakan publik sebagai Calon Wali Kota Batam 2024.

Baik Amsakar maupun Marlin sama-sama berasal dari partai yang sama, Nasdem. Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebelumnya, Nasdem sukses menempatkan dua kadernya, Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam dua periode berturut-turut.

Partai Nasdem sepertinya ingin mengulang kembali kesuksesan tersebut pada Pilkada atau Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Batam 2024.

Baca juga: Amsakar Achmad Terpilih sebagai Ketua Umum KAHMI Batam

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Pilkada Serentak 2024 pada 27 November 2024. Undang-Undang 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota juga mengamanatkan penyelenggaraan pilkada di tahun 2024.

Pasal 201 ayat (8) UU 10/2016 menyebutkan bahwa pemungutan suara serentak nasional dalam Pilkada di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan pada bulan November 2024.

Selain pilkada, di 2024 juga diselenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) pada 14 Februari 2024. Hasil Pileg 2024 nantinya akan menjadi acuan bagi partai politik untuk mengusung calon di Pilkada 2024.

Baca juga: Presiden Lantik Ansar-Marlin Gubernur dan Wagub Kepri

Rudi yang sudah dua kali menjabat Wali Kota Batam, tak bisa lagi mencalonkan diri pada Pilwako Batam 2024. Begitu juga Amsakar, tak bisa lagi mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Batam, namun punya ruang untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Batam.

Pasal 7 ayat (2) huruf n UU 10/2016 menegaskan bahwa calon gubernur dan cawagub, calon bupati dan cawabup, serta calon walikota dan cawako adalah mereka yang belum pernah menjabat dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.

Selain di pemerintahan, Rudi dan Amsakar juga berbagi peran kepemimpinan di partai yang sama. Rudi menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Provinsi Kepri, sedangkan Amsakar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Kota Batam.

Baca juga: Buka Musda VI KAHMI Batam, Amsakar Teguhkan Komitmennya bagi Himpunan

Mungkinkah peran ini kembali membersamai keduanya di Pilkada 2024 dengan Rudi Calon Gubernur Kepri dan Amsakar Calon Wali Kota Batam? Untuk Pilgub Kepri, Rudi bakal mulus melenggang sebagai Calon Gubernur. Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Nasdem Kepri di Hotel Harmoni One Batam pada 25-26 Maret 2021 mendaulat Rudi maju sebagai Calon Gubernur Kepri.

Sedangkan di Pilwako Batam, Nasdem sepertinya masih menimang-nimang dua nama sebagai Calon Wali Kota. Keduanya adalah Amsakar Achmad dan Marlin Agustina.

Secara politis, peluang Amsakar maju sebagai Calon Wali Kota Batam dari Nasdem tidaklah mudah karena kuatnya bayang-bayang Marlin, istri Rudi. Amsakar juga minim dukungan financial sebagai cost politic untuk bertarung sebagai calon nomor 1 di Pilwako Batam 2024.

Baca juga: Ansar Ahmad-Marlin Kantongi Rekomendasi Golkar Maju di Pilgub Kepri

Marlin juga kurang memiliki modal yang kuat. Elektabilitas Marlin sebagai Calon Wali Kota Batam masih rendah, jauh di belakang Amsakar.

Namun dibanding Marlin, hingga saat ini Amsakar masih disebut-sebut sebagai calon terkuat Wali Kota Batam 2024. Di beberapa survei, nama Amsakar selalu unggul dari nama-nama lain yang akan maju sebagai calon wali kota.

Popularitas dan elektabilitas Amsakar di masyarakat untuk meneruskan kepemimpinan Rudi sebagai Wali Kota Batam sangat tinggi. Tingkat popularitas dan elektabilitas tersebut masih berpotensi terus bergerak naik.

Baca juga: Pilkada Batam: Lukita-Basyid 1, Rudi-Amsakar 2

Amsakar juga punya kader-kader militan di tingkat arus bawah dan di beberapa organisasi kemasyarakatan di Batam. Ia dikenal sebagai pejabat yang rendah hati, bersih, setia, serta menjaga komitmen untuk menuntaskan tugasnya mendampingi Wali Kota Rudi.

Di tangan Amsakar, perolehan suara Nasdem Batam di Pileg 2019 moncer di posisi teratas dengan 77.761 suara (14,83 persen) dari total 524.460 suara sah. Menyusul di bawahnya PDIP dengan 76.811 suara (14,65 persen), Gerindra 65.059 suara (12,40 persen) dan Golkar 51.698 suara (9,86 persen).

Dibandingkan Pileg 2014 dengan 30.880 suara, terjadi peningkatan perolehan suara Nasdem yang sangat signifikan hingga 46.881 suara atau 152 persen. Begitu juga perolehan kursi, meningkat dari sebelumnya 4 menjadi 7 kursi DPRD Batam.

Tak hanya tenar di lapangan, Amsakar juga tenar di media sosial. Suami Erlita Sari ini termasuk pejabat publik yang aktif mengunggah aktivitas dan konten di akun media sosial miliknya.

Tingginya tingkat elektabilitas dan popularitas Amsakar ini tidak hanya bisa menjadi modal menuju Pilwako Batam 2024. Namun juga positif untuk mendongkrak perolehan suara partai yang mengusungnya di Pileg 2024.

Baca juga: Temui Korban Puting Beliung, Amsakar Minta Lurah Data Kerusakan untuk Penyaluran Bantuan

Sementara Marlin kabarnya juga dipersiapkan untuk maju sebagai Calon Wali Kota Batam 2024 dari Nasdem. Menguatnya kabar tersebut ditandai dengan makin seringnya Marlin tampil bersama sang suami, Wali Kota Rudi di hadapan publik.

Meski popularitasnya jauh tertinggal dari Amsakar, namun masih banyak waktu bagi Marlin untuk mendongkrak tingkat keterkenalan di masyarakat sebagai Calon Wali Kota Batam.

Seringnya Marlin tampil dalam kegiatan bersama Rudi berpotensi menggerus elektabilitas Amsakar dan memperbesar peluangnya maju sebagai Calon Wali Kota. Namun yang patut diwaspadai, tersingkirnya Amsakar dari bursa Calon Wali Kota Batam 2024 bisa-bisa justru menjadi bumerang. Tidak hanya bagi Marlin, upaya Rudi untuk memikat dukungan publik di Pilgub Kepri bisa jadi akan ambyar. (FORUM REDAKSI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *