Connect with us

Kepri

Kekulih Belaok, Kue Tradisional Lingga yang Sederhana dan Enak

Published

on

BatamEkbiz.com – Kekulih Belaok merupakan salah satu kue tradisional dari Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga yang sederhana dan enak. Kue ini banyak dicari, terutama untuk takjil saat berbuka puasa Ramadan.

Kekulih Belaok terbuat dari tepung beras yang diolah sedemikan rupa. Kemudian diaduk dengan campuran santan kelapa.

Setelah semua menyatu dengan sempurna, adonan lalu dimasukkan ke dalam wajan. Setelah matang, kemudian diberikan taburan sambal lengkong atau sambal ikan dan kelapa.

Baca juga: Abadikan Momen Lebaran Terbaik dengan Tips Foto Keluarga Berikut

Rasanya cukup enak dan dipercaya mampu mengembalikan stamina tubuh setelah seharian menahan makan dan minum atau berpuasa.

Penyajiannya juga sederhana, dipotong dengan bentuk segitiga dan disajikan di atas talam. Dalam satu talam, biasanya tersaji hingga delapan potongan kue.

Pembuat kue Kekulih Belaok, Rosna, mengaku sudah sekitar delapan tahun menekuni pembuatan kue khas Desa Kota ini. Sekali produksi, ia membutuhkan tak kurang dari sekilo tepung beras sebagai bahan utama.

Baca juga: Nuansa Kampung Melayu di Talam Sehidang, Lomba Masak Gubal Sagu

“Sekilo tepung beras ini bisa menghasilkan hingga delapan talam. Penjualannya ke pasar atau dititipkan ke warung-warung sekitar,” katanya, Sabtu 16 April 2022.

Rosna masih menggunakan peralatan tradisional dan sederhana untuk membuat Kekulih Belaok ini. Tujuannya agar kualitas rasa dan kekhasan kue tetap terjaga.

“Untuk memarut kelapa juga masih pakai geulungku atau parutan duduk tradisional. Begitu juga untuk menghaluskan beras menjadi tepung, juga masih pakai peralatan sederhana,” katanya. (payling)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *