Connect with us

Bintan

Korupsi Bupati Bintan Apri Sujadi: Dituntut 4 Tahun, Divonis 5 Tahun Penjara

Published

on

KPK periksa kasus dugaan korupsi di BP Bintan

BatamEkbiz.com – Bupati nonaktif Bintan, Apri Sujadi divonis lima tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungpinang dalam kasus korupsi. Vonis ini lebih tinggi dibanding tuntutan empat tahun penjara oleh Jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Majelis hakim memutus Apri Sujadi bersalah dalam kasus korupsi. Apri divonis lima tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider empat bulan kurungan.

“Wajib membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp2,6 miliar rupiah, ” kata Ketua Majelis Hakim Riska Widiana dalam amar putusan yang dibacakan dalam sidang, Kamis 21 April 2022.

Baca juga: 6 dari 7 Parpol di Bintan Usung Apri-Roby di Pilkada

Apri tersangkut perkara korupsi pengaturan barang kena cukai minuman beralkohol dan rokok dalam pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan. Korupsi tersebut terjadi pada tahun 2016-2018 dan mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp425 miliar.

Namun majelis hakim menolak tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk mencabut hak politik Apri Sujadi. Alasan majelis hakim, perbuatan yang dilakukan Apri Sujadi tak terkait partai politik.

Baca juga: Korupsi Cukai BP Bintan, KPK Periksa Bos Distributor Rokok Batam

Atas vonis tersebut, Apri Sujadi melalui kuasa hukumnya, Kartika Citra Nanda menyatakan pikir-pikir.

“Kami minta waktu pikir-pikir untuk banding atau menerima putusan,” tutur Kartika. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *