Connect with us

Kepri

Masuk Singapura dan Malaysia Lewat Tanjungpinang, Ini Syaratnya

Published

on

Masuk Singapura dan Malaysia bisa lewat Tanjungpinang

BatamEkbiz.com – Warga Negara Indonesia (WNI) kini sudah bisa masuk Singapura dan Malaysia melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. Pelayaran perdana setelah dua tahun pandemi Covid-19 tersebut sudah dibuka mulai Sabtu, 9 April 2022.

Sebanyak 16 penumpang, terdiri dari 15 WNI dan 1 warga asing menjalani pelayaran perdana tersebut. Mereka berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang menuju Singapura menggunakan Sindo Ferry.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad mengaku gembira dengan pembukaan pelayaran internasional tersebut. Menurutnya, dengan dibukanya kembali pelayaran, maka wisatawan Singapura memiliki banyak alternatif untuk masuk dan berlibur ke Bintan.

Baca juga: Ketentuan Baru Wisatawan Singapura dan ASEAN Bebas Masuk Kepri

“Meski penumpangnya masih relatif sedikit, tapi ini sudah membuka pintu perjalanan luar negeri dari Tanjungpinang,” ujarnya.

Tidak hanya menuju Singapura, Pelabuhan Sri Bintan Pura juga melayani pelayaran internasional masuk Malaysia. Saat ini Pemerintah Provinsi Kepri terus mengupayakan keringanan syarat-syarat perjalanan luar negeri. Tujuannya untuk meningkatkan animo masyarakat maupun wisatawan mancanegara memanfaatkan pelayaran internasional.

“Kita nanti akan minta diskresi dari pemerintah pusat. Pertama, karena kita ke Singapura tidak di PCR atau antigen. Kalau bisa kita berlakukan hal yang sama di tempat kita. Minimal antigen, karena PCR di Singapura masih mahal,” katanya.

Baca juga: Wisata ke Batam, Malaysia Tunggu Pintu Masuk Turis Dibuka

Ansar meyakini jumlah penumpang pelayaran internasional akan semakin meningkat. Sebab banyak masyarakat Kepri yang memiliki sanak famili di Singapura atau Malaysia. Mereka juga senang berwisata dan tidak sedikit masyarakat Kepri yang berobat ke Singapura atau Malaysia.

Singapura akhirnya membuka perbatasan sepenuhnya bagi wisatawan mulai 1 April 2022, tanpa karantina. Syarat masuk Singapura tanpa karantina ini berlaku bagi wisatawan yang sudah vaksinasi Covid-19 penuh.

Baca juga: 28 Wisman Pertama dari Singapura Tiba di Batam

Begitu juga Malaysia, mulai membuka kembali perbatasan internasional mereka setelah sekitar dua tahun tutup karena pandemi Covid-19. Malaysia membuka pintu internasional mulai 1 April 2022.

Wisatawan yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19 tidak perlu menjalani karantina. Mereka hanya perlu tes RT-PCR dua hari sebelum perjalanan dan tes antigen RTK 24 jam setelah tiba di Malaysia. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *