Connect with us

News

Pengaruh Cahaya Hp Bisa Ganggu Kualitas Tidur

Published

on

Pengaruh hp pada anak

BatamEkbiz.com – Keseringan menggunakan handphone (hp) bisa menyebabkan pengaruh pada kesehatan, salah satunya kualitas tidur.

Gangguan kesehatan itu terungkap saat para ilmuwan mempelajari pengaruh dari penggunaan hp secara berlebihan.

Mengutip situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Studi King’s College menyimpulkan paparan cahaya alat-alat elektronik dapat mempengaruhi kualitas tidur pada anak-anak dan dewasa. Utamanya penggunaan alat elektronik, seperti hp maupun laptop dengan durasi lebih dari dua jam per hari.

Baca juga: HP Xiaomi Murah Harga 1 Jutaan, Pilihan Ekonomis Jelang Ramadan

Studi-studi sebelumnya juga membuktikan bahwa pola tidur yang buruk dapat mengarah pada akibat kesehatan lain. Seperti obesitas, diabetes dan depresi.

Studi di California tersebut mengamati 653 orang dewasa selama periode 30 hari. Merekam waktu dan lamanya orang-orang ini melihat layar, serta lama dan kualitas tidur mereka.

Penggunaan layar yang lebih lama, terutama di tempat tidur, memiliki kaitan dengan tidur yang lebih buruk dan lebih sebentar.

Baca juga: Hp Flagship Realme, Harga Terjangkau dan Spesifikasi Tinggi

Penelitian 20 studi dari empat benua, yang dilakukan di King’s College London bahkan menemukan bahwa kehadiran alat dengan sambungan ke internet di kamar tidur anak bisa menggandakan risiko dampak terhadap siklus tidur mereka.

Peneliti juga menjelaskan karakteristik komunikasi modern melalui media sosial bisa membuat anak-anak merasa mereka harus selalu waspada.

Para ilmuwan mengatakan hanya pendekatan terkoordinasi dari orangtua, guru dan petugas kesehatan yang berpeluang menurunkan penggunaan alat-alat elektronik pada waktu tidur.

Cara Mengatasi Pengaruh Cahaya Hp

Untuk mengatasi bahaya dari paparan cahaya hp, Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI memberikan tips berikut.

  1. Mengurangi durasi pemakaian
  2. Tinggalkanlah alat elektronik sebelum tidur untuk mencegah kualitas tidur yang buruk
  3. Sesuaikan kecerahan layar
  4. Upayakan mata untuk sering beristirahat dan berkedip ketika sedang menatap layar
  5. Menjaga jarak pandang untuk meminimalisir kerusakan penglihatan akibat paparan layar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *