Connect with us

Ekonomi

Tips Atur Keuangan, Biar Gaji Nggak Numpang Lewat

Published

on

Tips atur keuangan

BatamEkbiz.com – Perencanaan keuangan yang matang masih menjadi tantangan bagi generasi muda yang sering terjebak dalam fenomena ‘Gaji Numpang Lewat’. Gaji atau pemasukan kerap habis begitu saja untuk berbagai pengeluaran yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Dengan kata lain memiliki manajemen keuangan yang buruk.

“Kebiasaan ‘jajan’ atau membeli barang-barang yang tidak diperlukan menjadi salah satu faktor utama penyebab sulitnya mengelola keuangan,” ujar Content Creator Halda Rianta, Sabtu 22 April 2022.

Halda yang hadir dalam webinar Global Money Week 2022 mengakui pentingnya anak muda untuk menyisihkan pemasukan untuk menabung sedari dini.

Baca juga: 109 Lokasi Penukaran Uang di Bank Batam, Ini Daftarnya

Selain menabung, kemampuan melindungi diri dari risiko finansial merupakan faktor penting lainnya yang perlu dipahami oleh anak muda.

“Perlindungan akan risiko finansial apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat dilakukan dengan memiliki asuransi sebagai proteksi,” ujarnya.

Webinar Global Money Week 2022 tersebut digelar Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli. Kegiatan bertema ‘Build Your Future Be Smart About Money’ itu bertajuk “Jago Mengatur Uang? It’s My Dream!”.

Baca juga: Lokasi Bank Penukaran Uang Tunai di Kepri, Ini Daftarnya

Sejalan dengan agenda Indonesia sebagai presidensi G20, literasi dan inklusi keuangan khususnya di era digital menjadi penting untuk diprioritaskan dalam membangun sektor keuangan yang kuat serta mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Global Money Week adalah sebuah kampanye global yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan pemahaman serta literasi keuangan generasi muda. Dengan mengundang pembicara yang ahli di bidangnya, Allianz Indonesia mengajak para anak muda untuk membenahi pengelolaan keuangan sedini mungkin. Mulai dari penghitungan arus kas, pengelolaan pos pengeluaran, memilih proteksi serta cara berinvestasi yang baik demi tujuan finansial di masa depan.

“Mulailah untuk merencanakan masa depan, mulailah merencanakan keuangan Anda. Untuk itu tema Global Money Week tahun ini Build Your Future Be Smart About Money. Karena masa depan dan uang adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kami dari OJK sangat mendukung acara ini dan mengapresiasi para institusi keuangan termasuk Allianz Indonesia yang terus menjalankan komitmennya dalam mendukung literasi keuangan,” ujar Horas Tarihoran, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan yang hadir membuka webinar Global Money Week 2022.

Baca juga: DPRD Batam Isyaratkan Setujui Penambahan Modal Bank Riau Kepri Hingga Rp300 Miliar

Generasi muda menjadi target utama dari edukasi dan literasi keuangan. Mengingat generasi milenial dan generasi Z merupakan kelompok yang mendominasi pasar Indonesia (lebih dari 60 persen jumlah populasi) dan akan menjadi pengambil keputusan terhadap produk finansial yang berpengaruh di masa depan.

Selain itu, survei bank dunia memprediksi bahwa pada tahun 2070 indeks inklusi keuangan akan mencapai 68,52 persen. Sedangkan untuk Indonesia ada pada angka 48,86 persen. Sehingga, kebutuhan untuk mempercepat inklusi keuangan melalui literasi keuangan pun penting menjadi sorotan.

“Saya ingin mengajak teman-teman semua untuk menyadari pentingnya mengatur keuangan sejak dini, karena uang memang bisa dicari lagi tapi waktu yang dipakai untuk mencari uang tersebut yang tidak dapat kembali lagi,” kata Samuel Ray, HR Professional & Content Creato.

Baca juga: Bank Riau Kepri Syariah Serahkan Bantuan Peralatan Usaha ke 101 UMKM

Perwakilan Allianz Life Changer Rendy Firnanda mengungkapkan risiko dalam hidup akan selalu ada. Misalnya risiko sakit kritis yang akan mempengaruhi kondisi finansialmu dengan biaya yang tidak sedikit. Di sini lah pentingnya memiliki proteksi asuransi untuk anak muda seperti kita sebagai jaminan untuk keamanan finansial di masa depan.

Dalam mengelola keuangan, generasi muda perlu memahami pentingnya mengelola pemasukan dan pengeluaran, mempersiapkan dana darurat, memiliki proteksi asuransi, sebelum memulai berinvestasi sesuai dengan profil risiko yang dimiliki. Berbagai topik terkait literasi keuangan turut dibahas pada rangkaian acara Global Money Week 2022.

“Sejalan dengan pilar pendidikan pada Corporate Social Responsibility Allianz Indonesia, kami menghadirkan rangkaian acara Global Money Week setiap tahun untuk mengedukasi anak muda dan meningkatkan literasi keuangan mereka. Tema tahun ini Build Your Future, Be Smart About Money dipilih untuk mendorong anak muda memenuhi potensi dalam cerdas mengelola keuangan sedari dini,” kata Fitri Estiwardani, Perwakilan Yayasan Allianz Peduli. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *