Connect with us

Batam

Angkut Rokok Ilegal, 14 Mobil Diamankan di Pelabuhan Batam

Published

on

Mobil pengangkut rokok ilegal diamankan di Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam

BatamEkbiz.com – Sebanyak 14 unit mobil diamankan karena kedapatan mengangkut barang dan rokok ilegal menjelang mudik lebaran. Kendaraan tersebut diamankan saat hendak menyeberang di Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam, Jumat 29 April 2022.

Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepri kemudian melimpahkan belasan mobil itu kepada Bea Cukai Batam. Dari hasil pemeriksaan saat razia terhadap kendaraan yang akan keluar Batam, petugas menemukan barang-barang ilegal.

Kepala Seksi Layanan Informasi, Undani mengatakan, belasan mobil tersebut akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Bea Cukai Batam.

Baca juga: BC Selatpanjang Sita Ratusan Slop Rokok H Mind dari Batam

“Saat razia di dalam mobil ditemukan barang-barang ilegal, seperti minuman beralkohol tanpa cukai, kasur bekas, barang campuran dan rokok tanpa pita cukai. Rencananya barang-barang itu akan dibawa ke Tanjungpinang,” katanya.

Undani mengungkapkan, keberhasilan penangkapan belasan mobil yang mengangkut rokok ilegal bermula dari adanya laporan masyarakat.

“Sebelumnya sudah ada laporan masyarakat bahwa akan ada rencana pengiriman barang melalui mekanisme ini, agar barang bisa keluar Batam tanpa pajak. Mereka memanfaatkan momen mudik karena akan sangat ramai,” ungkapnya.

Baca juga: 86 Kasus Rokok Ilegal Terjadi di Batam Selama 2021

Undani menjelaskan, pelimpahan barang bukti penindakan tertuang dalam dua berita acara serah terima. Pertama, berita acara terkait pelimpahan satu unit mobil yang memuat 880 slop rokok tanpa pita cukai berbagai merk. Kedua, berita acara pelimpahan 13 unit mobil bermuatan 279 koli barang-barang jenis campuran dan 11 pcs kasur bekas.

Undani mengapresiasi sinergi dan kerjasama yang membuahkan keberhasilan antara Bea Cukai Batam dengan Ditpolairud Polda Kepri di tengah padatnya arus mudik lebaran. Tak hanya itu, informasi dari masyarakat juga menjadi pendukung keberhasilan ini. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *