Connect with us

News

Hindari Calo di Pelabuhan, Beli Tiket Online Saja

Published

on

Pelabuhan Panjang, Lampung sebagai alternatif untuk memecah kepadatan jalur darat dan penyeberangan melalui Bakauheni. Hindari membeli tiket dari calo.

BatamEkbiz.com – Panjangnya antrean saat membeli tiket kapal di pelabuhan-pelabuhan sering dimanfaatkan para calo untuk mengeruk keuntungan.

Para penumpang terkadang harus memakai jasa calo ini untuk mendapatkan tiket lebih cepat, tanpa capek mengantre. Konsekuensinya, penumpang terpaksa membayar harga lebih mahal untuk tiket dari calo tersebut.

Nah, sekarang ada cara lebih efektif untuk membeli tiket tanpa capek mengantre dan terhindar dari calo. Yakni dengan memesan tiket melalui internet atau online.

Baca juga: XL Tingkatkan Kapasitas Jaringan Antisipasi Lonjakan Trafik Lebaran

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi arus balik lebaran mencapai puncaknya akhir pekan ini. Peningkatan penumpang bakal terjadi di semua moda transportasi, termasuk kapal penyeberangan.

Kemenhub pun mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal penyeberangan untuk membeli tiket secara resmi dan online melalui aplikasi Ferizy. Hal ini guna mencegah munculnya penjualan tidak resmi oleh oknum calo.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengungkapkan, pihaknya menerima laporan adanya oknum yang memanfaatkan kondisi puncak arus balik. Yakni dengan menjual tiket secara tidak resmi dan dengan harga tinggi di Pelabuhan Panjang, Lampung.

Baca juga: Tarif Baru Tiket Roro dari Jagoh ke Penarik, Berlaku Mulai 23 Maret

“Saat ini kami telah berkoordinasi dengan Polda Lampung untuk segera mengusut calo ini,” ujarnya dikutip Sabtu 7 Mei 2022.

Saat ini Pelabuhan Panjang dioperasikan sebagai alternatif selain Pelabuhan Bakauheni. Tujuannya untuk memecah kepadatan arus balik Angkutan Lebaran 2022 dari Lampung menuju Merak.

Menurut Budi, hingga saat ini Polda Lampung telah menjaring 15 orang calo. Mereka diduga menjual tiket penyeberangan dengan harga tinggi di Pelabuhan Panjang.

Baca juga: Cara Mengecek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster di Website dan Aplikasi PeduliLindungi

“Sudah dikonfirmasi sebelumnya bahwa dari operator atau PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Tidak ada kenaikan tiket drastis seperti yang ditawarkan calo ini,” tandasnya.

“Oleh karena itu kami imbau bagi pemudik yang akan balik baik dari Pelabuhan Bakauheni maupun Pelabuhan Panjang untuk membeli tiket resmi via aplikasi Ferizy,” imbuh Budi. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *