Connect with us

Teknologi

Microsoft Bekali Browser Edge dengan VPN Gratis

Published

on

Microsoft Edge

BatamEkbiz.com – Microsoft sedang mencoba fitur barunya untuk browser Edge yang bernama Secure Network. Fitur ini pada dasarnya adalah layanan VPN dari Cloudflare yang tersedia secara gratis.

Microsoft Edge merupakan peramban web yang dikembangkan oleh Microsoft dan termasuk dalam sistem operasi Windows. Penambahan fitur VPN gratis ini membuat Edge semakin kaya fitur dan mumpuni, terutama sejak menggunakan basis Chromium pada 2019. Bahkan, pangsa pasarnya sudah menyalip Safari dan menjadi browser terpopuler kedua.

Kehadiran fitur VPN ini diketahui dari laman dukungan, di mana Microsoft menjelaskan fitur baru yang akan hadir ke Edge tersebut. Microsoft memang tak menyebut Secure Network ini sebagai VPN, namun yang jelas akan menjadi keunggulan mereka dibanding Chrome.

Baca juga: Microsoft Paint is finally dead, and the world Is a better place

Microsoft mengklaim fitur tersebut akan melindungi penggunanya dari pemantauan dengan mengenkripsi lalu lintas data. Juga melindungi lokasi pengguna dengan menyamarkan alamat IP pengguna.

Untuk bisa memakai layanan ini, pengguna harus login menggunakan akun Microsoft di Edge. Dengan begitu, pengguna mendapat kuota data gratis sebanyak 1 GB.

Sejauh ini Microsoft tak menyebutkan apakah nantinya akan ada opsi untuk membayar biaya bulan agar mendapat kuota lebih besar atau mungkin tanpa batas.

Baca juga: Nokia Edge 2022 Pesaing iPhone 13, Spesifikasi 200x Zoom Bisa Potret Singapura dari Batam?

Di sisi lain, Cloudflare mengklaim mereka tak akan menyimpan ataupun menjual data pengguna apa pun. Dan akan menghapus semua data terkait sesi browsing pengguna dalam jangka waktu 25 jam setelah dipakai.

Sejauh ini Secure Network belum tersedia untuk publik. Namun kemungkinan akan tersedia dalam waktu dekat di Edge Canary atau Dev. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *