Connect with us

Batam

Tertinggi di Kepri, Pengangguran di Batam Capai 11,64 Persen

Published

on

pengangguran batam tertinggi di Kepri.

BatamEkbiz.com – Pertumbuhan ekonomi di Kota Batam kurang berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja. Jumlah pengangguran di Batam masih cukup tinggi dan banyak banyak warga usia produktif yang sulit mendapatkan pekerjaan.

Tingginya pengangguran di Batam ini tercermin dari hasil Sensus Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Badan Pusat Statistik (BPS). Berdasarkan laporan BPS, tingkat pengangguran terbuka di Batam pada 2021 mencapai 11,64 persen.

Capaian tersebut menempatkan Batam sebagai daerah dengan tingkat pengangguran terbuka tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Bahkan, Batam menjadi satu-satunya wilayah dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di atas rata-rata provinsi, yakni 9,91 persen.

Baca juga: Hotel Harmoni Batam Tutup, 130 Karyawan Terancam Kehilangan Pekerjaan

“Hal ini menunjukkan besarnya kontribusi Kota Batam dalam menyumbang TPT Provinsi Kepri,” sebut BPS Kepri dalam rilisnya pada 28 April 2022.

BPS mendefinisikan TPK sebagai persentase jumlah pengangguran terhadap jumlah angkatan kerja. Jumlah angkatan kerja terdiri dari akumulasi angka penduduk usia kerja—15 tahun ke atas—yang bekerja, angka penduduk usia kerja yang untuk sementara berhalangan kerja, dan angka penduduk usia kerja yang menganggur.

Menurut BPS, berdasarkan hasil Sakernas diketahui bahwa TPT penduduk perempuan lebih besar dibandingkan dengan laki-laki. Pada 2021, TPT penduduk laki-laki mencapai 9,42 persen, sedangkan perempuan sebesar 10,72 persen.

Baca juga: ITEBA Buka Lowongan Kerja Dosen, Ini Persyaratannya

Di sisi lain, peningkatan TPT yang terjadi pada penduduk laki-laki dan perempuan cenderung berimbang. Dibandingkan tahun 2020 TPT penduduk laki-laki mengalami penurunan 1,45 persen poin, sedangkan TPT penduduk perempuan mengalami peningkatan sebesar dan 1,34 persen poin.

“Hal ini menunjukkan bahwa pandemi berpengaruh pada kehilangan kesempatan kerja pada pekerja laki-laki maupun perempuan,” sebut BPS Kepri.

Sementara jika ditinjau menurut tipologi wilayah, terdapat disparitas antara kawasan perkotaan dan perdesaan.

Baca juga: Presiden Soroti Pengangguran Terbuka

Pada 2021, TPT di kawasan perkotaan mencapai lebih dari dua kali lipat dibandingkan kawasan perdesaan. Pada periode yang sama, kawasan perkotaan dan perdesaan sama-sama mengalami penurunan TPT.

Tingginya TPT kawasan perkotaan juga dipengaruhi oleh distribusi TPT menurut wilayah.

Berikut Tingkat Pengangguran Terbuka di Kepri pada 2021.

1. Kota Batam 11,64
2. Bintan 8,62
3. Karimun 7,20
4. Tanjungpinang 6,31
5. Natuna 5,15
6. Lingga 4,23
7. Anambas 1,27

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *