Connect with us

News

Tips Mencegah Kolesterol dan Berat Badan Naik Usai Lebaran

Published

on

Tips mencegah kolesterol

BatamEkbiz.com – Menu makanan yang lezat selalu menghiasi setiap momen Lebaran. Tak sedikit dari menu makanan tersebut yang mengandung santan dan lemak, sehingga rentan jadi penyebab kolesterol dan berat badan naik.

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh dan memiliki fungsi penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk dan menyumbat pembuluh darah.

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Selain diproduksi secara alami, lemak ini juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Di dalam tubuh, kolesterol diperlukan untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Baca juga: Tips Silaturahmi dan Halal Bihalal Sehat di Momen Lebaran

Salah satu jenis kolesterol adalah Low-density lipoprotein (LDL). Fungsinya untuk membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri.

Namun apabila kadarnya terlalu tinggi, LDL akan menumpuk di dinding pembuluh arteri. LDL dikenal juga sebagai ‘kolesterol jahat’.

Bahaya tingginya kolesterol dan lemak dalam tubuh bisa menyebabkan serangan jantung. Salah satu penyebabnya adalah pemilihan makanan yang kurang tepat, sehingga sangat penting memilih makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Abadikan Momen Lebaran Terbaik dengan Tips Foto Keluarga Berikut

Berikut tips mencegah kolesterol dan berat badan naik.

  • Minum air putih. Sebaiknya sebelum makan kita minum 1-2 gelas air putih. Hal ini manfaatnya agar perut terisi dan mencegah makan berlebihan.
  • Detoksifikasi Detoks tubuh dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan jaga metabolisme tubuh dengan makan sayuran.
  • Banyak bergerak bisa membakar lemak-lemak di tubuh, tak perlu olahraga berat, cukup dengan jogging atau membersihkan rumah.
  • Makanlah dengan porsi yang seimbang dan jangan lupa tambahkan sayuran di antara menu bersantan serta lemak.
  • Hindari makan berkali-kali dalam sehari. Makan tepat waktu untuk mencegah rasa lapar dan hasrat ngemil.
  • Batasi asupan gula. Jika dalam sehari kita sudah makan berlemak dalam jumlah banyak, maka batasi asupan gula yang lain. Hindari minuman-minuman tinggi gula seperti soda, kopi, boba, dan sirup.

Untuk pencegahan secara dini, sebaiknya anda rutin memeriksakan kadar kolesterol ke laboratorium secara berkala.

Orang dewasa disarankan untuk menjalani pemeriksaan kolesterol tiap 4–6 tahun sekali, dimulai dari usia 20 tahun. Meski jarang mengalami kolesterol tinggi, pemeriksaan kolesterol pada anak-anak juga dianjurkan saat anak berusia 9–11 tahun, dan diulangi pada usia 17–21. (re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *