371 Peserta Meriahkan MTQ XII Karimun

Karimun, batamekbiz.com – Sebanyak 371 peserta berpartisipasi dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XII Kabupaten Karimun. Kegiatan diawali dengan pawai taaruf yang diikuti kafilah dari 12 kecamatan dari halaman kantor Bupati Karimun menuju Jalan Soekarno-Hatta hingga lapangan perumahan Imperium, Kecamatan Meral, Minggu (8/3/2020).

Beragam atraksi ditampilkan dalam pawai yang menempuh jarak sekitar 1,2 kilometer tersebut. Mulai dari kesenian Melayu, Reog Ponoroga, pencak silat, dan barongsai. Ada juga iring-iringan motor antik dan sepeda ontel dari kafilah Kecamatan Belat.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, pawai ta’ruf yang dilaksanakan menjelang pembukaan MTQ ini merupakan upaya untuk menyemarakkan pembukaan MTQ dan bagian dari syiar Islam. Melalui pawai ta’ruf itulah para peserta bisa saling mengenal kecamatan lainnya.

“Sehingga diharapkan terjalin ukhuwah islamiyah dalam menciptakan masyarakat santun, daerah yang aman, damai, dan penuh dengan keberkahan,” ujarnya.

Ketua Panitia Pengarah MTQ XII yang juga Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah mengatakan, jumlah peserta sebanyak 371 qori dan qoriah serta hafidz dan hafidzah. Mereka merupakan utusan dari 12 kecamatan yang ada di Karimun.

“Peserta tersebut akan bertanding dalam cabang lomba qiroah, tilawah, hifzil, tartil, fahmil, dan syarhil quran, baik tingkat dewasa, remaja, maupun anak-anak,” ujarnya. (lar)