5 Cara Alami Atasi Batuk Akibat Covid-19
Seduhan jahe dalam secangkir air hangat disebut efektif untuk mengatasi batuk akibat Covid-19.

BatamEkbiz.com – Batuk merupakan salah satu gejala umum yang dialami pasien Covid-19. Biasanya, batuk yang diakibatkan Covid-19 adalah batuk kering.

Pada dasarnya, batuk merupakan cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak ataupun pemicu iritasi lainnya. Batuk yang tak kunjung sembuh bisa membuat seseorang sangat terganggu.

Untuk mengatasi batuk pasca-terinfeksi Covid-19, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Cara mengatasi batuk akibat Covid-19 ini dapat menggunakan metode pengobatan alami.

Baca juga: Catat, Tips Menjaga Keamanan Rekening!

Berikut cara alami mengatasi batuk akibat Covid-19, dikutip dari laman Healthline dan Medicalnewstoday, Kamis (23/9/2021).

1. Larutan air garam

Air garam merupakan obat batuk alami yang efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk basah. Larutan ini bisa mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan.

2. Buah nanas

Buah nanas mengandung enzim bernama Bromelain, di mana kandungan tersebut mempunyai sifat antiiflamasi dan mukolitik. Kandungan Bromelain bisa memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

3. Daun thyme

Bumbu masakan ini dapat menjadi obat alami untuk mengatasi batuk akibat Covid-19. Cara mengonsumsinya, Anda cukup menyeduh 2 sdm daun thyme kering ke dalam secangkir gelas air panas. Setelah itu, biarkan selama 10 menit sebelum disaring dan diminum.

4. Air seduhan jahe

Banyak yang percaya bahwa jahe bisa meredakan batuk, karena memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan. Jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri. Cara mengonsumsinya, Anda tinggal menyeduh 20-40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Kemudian, biarkan selama beberapa menit sebelum diminum. Anda bisa menambahkan madu atau sari lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih menenangkan batuk.

5. Teh madu

Beberapa penelitian menyebutkan dengan mengonsumsi teh madu dapat meredakan batuk secara signifikan. Caranya cukup mudah, campurkan 2 sdt dengan air hangat kemudian minum ramuan ini sekali atau dua kali sehari. (wan)