6 dari 7 Parpol DPRD Bintan Usung Apri-Roby di Pilkada

  • Whatsapp
Bakal paslon Apri Sujadi-Robi Kurniawan saat mendaftar ke KPU Bintan.

Batam, batamekbiz.com – Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan, Apri Sujadi-Roby Kurniawan mendapatkan dukungan mayoritas dari partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD Bintan. Dari 7 parpol DPRD Bintan, 6 di antaranya sepakat untuk mengusung Apri-Roby di Pilkada Bintan 2020.

Dukungan mayoritas parpol untuk Apri-Roby itu terlihat saat bakal paslon tersebut mendaftar ke KPU Kabupaten Bintan, Sabtu (5/9/2020) sekira pukul 10.45 WIB. Keenam pimpinan parpol pengusung tersebut terlihat ikut mengantarkan Apri-Robi ke KPU Bintan, termasuk dari PAN yang sebelumnya sempat melakukan manuver mencabut dukungannya kepada Apri-Roby untuk dialihkan ke paslon Alias Wello-Dalmasri Syam.

Bacaan Lainnya

Proses pendaftaran paslon yang berlangsung di tengah hujan deras itu dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19. Kedatangan paslon petahana ini diterima langsung Ketua KPU Bintan Ervina Sari dan komisioner lainnya.

BACA JUGA: Tuntas Coklit, KPU Bintan Isyaratkan Tambah TPS Baru

“Alhamdulillah proses pendaftaran paslon berjalan lancar,” kata Ervina didampingi Komisioner KPU Bintan lainnya.

Pasal 39 PKPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencalonan mengatur tentang persyaratan bagi parpol atau gabungan parpol dalam mendaftarkan bakal paslon. Salah satunya kewajiban bagi pengurus parpol atau gabungan parpol dan bakal paslon untuk hadir pada saat pendaftaran.

Dalam proses pendaftaran, paslon juga harus menyerahkan dokumen persyaratan pencalonan dan calon kepada KPU. Dalam dokumen tersebut, di antaranya wajib menyertakan surat kesepakatan yang ditandatangani pimpinan parpol pengusung untuk tidak akan menarik bakal paslon yang akan didaftarkan.

Keenam parpol pengusung Apri-Roby adalah Demokrat dengan 8 kursi, Golkar 6 kursi, PKS 3 kursi, PDIP 2 kursi, Hanura dan PAN masing-masing 1 kursi. Total 21 dari 25 kursi DPRD Bintan atau sekira 84 persen.

Tersisa Nasdem yang tak memiliki cukup kursi untuk mengusung paslon sendiri, sebab hanya punya 4 kursi. Nasdem butuh minimal 1 kursi lagi dari partai lain untuk memenuhi syarat 20 persen kursi agar bisa mengusung paslon di Pilkada Bintan. Dengan dukungan mayoritas parpol DPRD Bintan, kemungkinan paslon Apri-Roby melawan kotak kosong berpotensi terjadi di Pilkada Bintan. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *