6 Pesantren di Batam Dapat Bantuan Operasional, Begini Pencairannya

  • Whatsapp
Kegiatan upacara peringatan HUT RI di Pesantren Alqur'an Nurul Ilmi, Masjid Nurul Iman, Mukakuning, Agustus 2020 lalu.

Jakarta, BatamEkbiz.com – Kementerian Agama mengumumkan nama-nama pondok pesantren yang menerima bantuan operasional di masa pandemi Covid-19. Untuk tahap II, ada 6 pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan di Kota Batam yang menerima bantuan.

Keenam pesantren atau lembaga pendidikan keagamaan itu adalah Ula STQ ASK yang beralamat di Genta 1 Blok K No. 11 Batuaji, Al Ustmaniyah di Dapur 12 Sagulung, dan Kaligrafi Nurul Mustofa di Bukit Sakinah Batuaji. Kemudian Ushulul Huda di Sungai Lekop Sagulung, Darul Ulum di Kabil Indah Punggur, dan Alqur’an Nurul Ilmi di Masjid Nurul Iman Mukakuning, Sei Beduk.

Bacaan Lainnya

Masing-masing pondok pesantren atau lembaga pendidikan keagamaan ini menerima bantuan operasional sebesar Rp25 juta. Menurut Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, bantuan ini sangat penting untuk membantu pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Manfaatkan untuk pencegahan Covid dan tolak segala bentuk pemotongan!” tegas Wamenag Zainut.

Pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan yang namanya ditetapkan sebagai penerima bantuan, bisa segera mengurus pencairan dengan datang ke bank penyalur, sambil membawa Surat Keputusan Penetapan Penerima Bantuan dan Surat Pemberitahuan Bantuan. Bantuan itu disalurkan ke rekening masing-masing penerima bantuan.

Penggunaan bantuan di antaranya untuk membayar listrik, air, keamanan, dan lainnya. Selain itu, bantuan ini juga bisa untuk membayar honor pendidik dan tenaga kependidikan pesantren dan pendidikan keagamaan Islam dalam kegiatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, seperti membeli sabun, hand sanitizer, masker, thermal scanner, penyemprotan disinfektan, alat kebersihan, dan lainnya.

Berikut syarat pencairan bantuan operasinal tersebut:

  • Membawa KTP (asli dan fotokopi)
  • Membawa SK Pengurus Lembaga (fotokopi)
  • NSPP atau Izin Operasional Lembaga (fotokopi)
  • Membawa NPWP Lembaga (fotokopi)
  • Membawa materai 6.000 (3 lembar)
  • Membawa Stempel Pesantren
  • Membawa Lampiran Surat Pemberitahuan