9,4 Juta Pedagang Beralih dari Jualan Konvesional ke Digital

  • Whatsapp

Jakarta, BatamEkbiz.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jhonny Gerard Plate menyatakan, sebanyak 9,4 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang sebelumnya berdagang secara konvesional, kini beralih menggunakan platform aplikasi dagang secara digital. Berdagang secara digital menjadi alternatif dalam melakukan kegiatan produktif pelaku UMKM yang sangat efektif di tengah pandemi Covid-19.

“Migrasi UMKM konvensional ke UMKM digital sudah sebesar 9,4 juta UMKM,” ujar Jhonny pada Seminar dan Bazzar Online bertema “UMKM Kreatif Menghadapi Peluang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”, Kamis (3/9/2020).

Bacaan Lainnya

Antusiasme pelaku UMKM dalam beralih dari konvesional ke digital sangat baik, terbukti dari banyaknya pelaku usaha di atas telah berakselerasi ke online melalui program yang dimiliki Kominfo. Tercatat, dalam periode kurun waktu Mei hingga Agustus sudah 1,6 juta pelaku UMKM yang telah beralih ke digital.

“UMKM onboard digital sejak diluncurkan pada 14 Mei tahun 2020 yang lalu oleh Bapak Presiden hingga akhir Agustus ini sudah sebanyak 1,6 juta lebih UMKM baru yang telah melakukan digital onboarding,” imbuhnya.

Adanya sambutan hangat dari pelaku UMKM, lanjut Jhonny, Kominfo akan berusaha maksimal dalam mewujudkan akses jaringan telekomunikasi berkualitas 4G sampai di tingkatan desa. Targetnya, Kominfo akan memberikan akses berkualitas tersebut pada sebanyak total 83 ribu desa yang ada di dalam negeri.

Saat ini, sudah menjangkau sebanyak 70760 desa di berbagai wilayah di Indonesia. Tersisa sebanyak, 12548 desa yang akan segera diberikan layanan terbaik telekomunikasi 4G, yang sebagian besar terdapat di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

“Desa dan kelurahan harus dibangun infrastruktur yang memadai agar sinyal 4G hadir di lingkungan rumah di kampung atau desa,” pungkasnya. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar