Alfamart dan Indomaret Makin Menjamur di Batam, FORPPI Tagih Janji Walikota

Batam, BatamEkbiz.com – Forum Pengusaha Pribumi Indonesia (FORPPI) Kota Batam menyoroti makin menjamurnya gerai Alfamart dan Indomaret di Kota Batam. Jarak satu ritel dengan ritel lainnya juga berdekatan di lingkungan pemukiman warga, sehingga bisa mematikan usaha kecil dan menengah (UKM) di sekitarnya.

Ketua FORPPI Batam, Mohammad Noer, kembali mengingatkan janji Walikota untuk menyetop pendirian gera-gerai baru kedua ritel tersebut di Batam. Sebab pertumbuhan gerai-gerai baru itu sangat mengancam keberlangsungan berbagai usaha kerakyatan.

“Dalam kondisi ekonomi seperti saat ini akibat Covid-19, sudah seharusnya Pemko Batam lebih mempertimbangkan untuk mengembangkan usaha kerakyatan dibanding memperbanyak pendirian minimarket waralaba,” ujarnya, Minggu (31/5/2020).

Noer mendesak Walikota menolak pendirian gerai baru maupun perpanjangan izin usaha Alfamart dan Indomaret di Batam. “Kami minta Pemko Batam dan institusi terkait segera mengevaluasi jumlah minimarket baru di Batam,” katanya.

Menurut Noer, FORPPI sudah melayangkan surat ke DPRD Batam terkait makin menjamurnya gerai Alfamart dan Indomaret di Batam. Ia berharap DPRD Batam bisa memfasilitasi kepentingan pengusaha-pengusaha pribumi ini melalui rapat dengar pendapat (RDP).

“Jika surat kami tidak ditindaklanjuti, maka kami akan melakukan aksi turun ke jalan,” ancamnya.

Menanggapi surat yang dilayangkan FORPPI, Ketua DPRD Batam Nuryanto mengaku bakal segera menggelar hearing lintas sektoral. Saat ini pihaknya sedang mencari jadwal yang tepat untuk menggelar rapat tersebut.

“Nanti saya akan RDP gabungan, antara Komisi 1 dan 2,” janjinya. (re)