Anggaran Tambahan Cair, KPU Akan Belanja APD Pilkada

  • Whatsapp

Jakarta, BatamEkbiz.com – Komisioner KPU, Viryan Azis mengatakan, tambahan anggaran Pilkada Serentak 2020 sudah dicairkan oleh pemerintah. KPU mengusulkan penambahan anggaran Pilkada Rp 4,7 triliun. Namun yang direalisasikan untuk tahap pertama Rp 1,02 triliun. Dana tersebut akan segera dibelanjakan.

“Iya, (aggaran) sudah dicairkan,” katanya sebagaimana dilansir media online di Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

Bacaan Lainnya

Yang paling penting, kata Viryan, adalah kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi para petugas di TPS saat pencoblosan pada 9 Desember 2020 mendatang. Sementara sisa kebutuhan anggaran yang belum terealisasi akan diputuskan setelah rekonsiliasi anggaran antara Kemendagri, Kemenkeu, KPU, Bawaslu, DKPP, dan Gugus Tugas COVID-19.

Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mendesak pemerintah segera merealisasikan anggaran tambahan pelaksanaan tahapan lanjutan Pilkada Serentak 2020.

“Pemerintah harus merealisasikan anggaran untuk KPU dan Bawaslu sesegera mungkin. Jangan sampai terlambat. Ini penting, agar tahapan pilkada serentak tidak terganggu,” kata anggota Fraksi PAN DPR RI Guspardi.

Seperti diketahui, KPU mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp4,7 triliun, Bawaslu Rp478 miliar dan DKPP Rp39 miliar. Pada tahap pertama direncanakan kucuran dana Rp1,02 triliun. (re)