Astaga, Sehari 78 Kasus Baru Covid-19 di Batam

  • Whatsapp
78 kasus baru Covid-19
Perkembangan penanganan Covid-19 Kota Batam per 20 Oktober 2020.

Batam, BatamEkbiz.com – Kasus baru positif Covid-19 di Kota Batam melonjak lagi, bertambah 78 orang dalam sehari. Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Batam, Selasa (20/10/2020), kasus terbanyak terjadi pada karyawan swasta di berbagai perusahaan di Batam, mencapai 76 orang.

“Uraian jumlah orang yang terpapar dari temuan kasus baru ini sebanyak 78 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 64 orang perempuan warga Kota Batam yang terkonfirmasi positif,” sebut Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi, dalam keterangan tertulisnya.

Bacaan Lainnya

Penambahan 78 kasus baru itu menjadikan jumlah kasus Covid-19 di Kota Batam mencapai 2.271 orang. Sebanyak 1.808 di antaranya sembuh, 401 dalam perawatan, dan 62 meninggal dunia.

“Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis Laboratorium BTKL PP dan Analis Laboratorium RSKI Covid-19 Galang berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil tracing,” sebut Didi.

Didi menjelaskan, dari hasil penyelidikan epidemiologi terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus baru. Hal ini sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan diberbagai aktivitas sehari-hari.

“Sehingga ini memungkinkan terjadinya pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor,” jelasnya.

Baca juga: Bayi Baru Lahir dan Sang Ibu Covid-19

Gugus Tugas juga mencatat 18 orang sembuh Covid-19 pada hari yang sama. Di antara pasien sembuh hari itu adalah dua karyawan swasta yang tinggal di perumahan mewah di Batam. yakni Tn. SGF (62) yang berdomisili di Southlink Country Club dan Ny. N (48) yang tinggal di Perumahan The Central Sukajadi Green House.

Tn. SGF tercatat sebagai pasien terkonfirmasi kasus nomor 1.827. Sedangkan Ny. N merupakan pasien terkonfirmasi kasus nomor 1.858.

“Berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil Laboratorium BTKLPP Batam, Tim Medis yang menanganinya menyatakan sembuh dari Covid-19,” sebut Didi. (re)