Ayo, Beli Produk dan Jasa UMKM
Pjs Walikota Batam Syamsul Bahrum mengajak semua elemen masyarakat membantu UMKM.

Batam, BatamEkbiz.com – Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Batam, Syamsul Bahrum, mengajak semua elemen membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Batam untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat. Caranya, dengan membeli produk dan jasa UMKM agar program pemulihan bisa terimplementasi maksimal.

“Jika bukan kita yang menjadi pembeli, siapa lagi? UMKM tidak akan hidup kalau kita tidak belanja, karena demand tidak ada,” katanya mengajak masyarakat untuk membeli produk dan jasa UMKM, Senin (26/10/2020).

Menurut Syamsul, memastikan aspek kesehatan menjadi prioritas utama, hingga masyarakat merasa aman dan nyaman untuk beraktivitas. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga perlu dipastikan terjaga dan ketersediaan lapangan pekerjaan tetap ada.

“Intinya, penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi harus berjalan berdampingan,” jelasnya.

Syamsul senantiasa mengingatkan masyarakat dapat menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Baca juga: UKM Omzet di Bawah Rp1 Miliar Gratis Urus Sertifikat Halal

“Mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker harus terus dilakukan,” katanya.

Kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam masih terus terjadi. Pada Minggu (25/10/2020), bertambah lagi 21 kasus baru pasien positif Covid-19 dan seorang di antaranya meninggal dunia. Penambahan ini menjadikan total kasus Covid-19 di Batam mencapai 2.592 kasus, 1.934 di antaranya sembuh, 592 dalam perawatan, dan 66 meninggal dunia.

Menurut Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi, hasil penyelidikan epidemiologi terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus baru. Hal ini sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan diberbagai aktivitas sehari-hari.

“Sehingga ini memungkinkan terjadinya pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor,” jelasnya.

Ia mengingatkan dan mengimbau kembali guna kemaslahatan bersama masyarakat Kota Batam agar tetap mengikuti anjuran pemerintah. Yakni dengan menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan tetap di rumah saja.

“Jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” pungkasnya. (r)