Bank Mandiri Bantu Bangun Rumah Tenun Pulau Ngenang

  • Whatsapp

Batam, BatamEkbiz.com – Pulau Ngenang kini mempunyai rumah tenun sebagai pusat pembuatan tenun. Bangunan rumah tenun itu terwujud berkat bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Bank Mandiri.

“Alhamdulillah, kita dapat bantuan dari Bank Mandiri. Dan hari ini kita akan meresmikan Rumah Tenun Pulau Ngenang ini,” tutur Marlin Agustina, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam, Rabu (19/8/2020).

Bacaan Lainnya

Ide awal pengembangan Pulau Ngenang sebagai sentra tenun Kota Batam ini muncul sekitar tiga tahun lalu. Ada lima peralatan tenun, tapi tidak difungsikan. Dekranasda lalu mendatangkan pelatih untuk memberi pelatihan menenun kepada ibu-ibu Pulau Ngenang.

“Di awal pelatihan, hanya lima orang yang tertarik. Setelah berjalannya waktu, kini Ngenang sudah punya 15 orang penenun. Tak hanya ibu-ibu, kegiatan membuat kain songket ini juga mulai merambah ke para pria,” kata Marlin.

Motif yang diaplikasikan ke tenunnya pun semakin beragam. Sebelumnya hanya bergambar bunga dan dedaunan. Kini mulai dihiasi hewan-hewanan seperti burung dan ikan. Juga ada motif tanjak dan sampan yang mengangkat kearifan lokal.

Peralatan tenun juga bertambah, dari awalnya lima menjadi tujuh. Hasil tenun warga Pulau Ngenang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, namun juga banyak pesanan dari luar negeri, seperti Jerman dan Australia.

“Pesanan dari Singapura juga sudah masuk, tapi karena covid, belum bisa datang orangnya,” kata Marlin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *