Batam Jadi Tempat Pameran Pasar Nusantara
Kemenparekraf menjadikan Batam sebagai tempat penyelenggaraan Pameran Misi Penjualan Pasar Nusantara.

Batam, BatamEkbiz.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memilih Batam sebagai tempat ‘Pameran Misi Penjualan Pasar Nusantara’. Melalui event ini, Kemenparekraf mengajak masyarakat berwisata dengan aman dan nyaman di Kota Batam.

Direktur Pemasaran Regional I Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor yang terdampak Covid-19. Ia berharap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini kembali bangkit di tengah masih mewabahnya pandemi.

“Kita fokus dan tetap fokus di Indonesia saja,” katanya di Harris Hotel Batam Centre, Sabtu (28/11/2020).

Kepri, khususnya Batam, berkontribusi besar dalam menyumbang kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Ia bersyukur Indonesia memiliki penduduk, kekayaan alam, dan wisata yang luar biasa. Sehingga di masa pandemi Covid-19 masih bisa mengandalkan wisatawan domestik.

“Saya lima hari di Bali menyaksikan seperti kota mati, sunyi. Sopir yang saya tanya, dengan wajah sedih seolah menangis, karena sekian bulan baru daapt tamu. Bayangkan, betapa menderitanya karena ketergantungan terhadap wisatawan sangat tinggi,” ucapnya.

Vinsensius menjelaskan, pameran misi penjualan pasar nusantara ini telah berlangsung di lima kota di Indonesia. Antara lain Yogyakarta, Malang, Bandung, Padang, dan Medan.

“Kegiatan terakhir rencananya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Namun Kemempar akhirnya menggelarnya di Kota Batam,” jelasnya.