Batam Terima Dana Hibah Pariwisata

  • Whatsapp
hibah pariwisata
Jefridin dalam rakor dana hibah pariwisata di Jakarta, Senin (19/10/2020).

Batam, BatamEkbiz.com – Kota Batam mendapatkan dana hibah pariwisata tahun 2020. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid menyampaikan hal itu usai rapat koordinasi dan review rencana kerja dana hibah pariwisata tahun 2020 di Jakarta.

“Alhamdulillah kita berucap syukur, Batam mendapat dana hibah pariwisata ini,” kata Jefridin, Senin (19/10/2020).

Bacaan Lainnya

Dana hibah pariwisata ini merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 46/PMK.07/2020. Peraturan ini mengatur tentang pengelolaan hibah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam rangka penanganan Covid-19 dan dampaknya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendapatkan program hibah pariwisata dalam rangka pemulihan ekonomi nasional tahun 2020. Ini merupakan program untuk memberikan stimulus kepada pelaku industri hotel dan restoran dan pemerintah daerah yang telah menggerakkan pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Sesuai tujuannya, bantuan ini dalam rangka membantu kita di pemerintah daerah serta industri hotel dan restoran. Karena saat ini mengalami gangguan finansial serta recovery penurunan PAD bagi Pemerintah Daerah akibat pandemi Covid-19,” ucap Jefridin.

Adapun sasaran dengan adanya hibah ini yakni pemerintah daerah yang terdampak perekonomiannya. Terutama di sektor pariwisata, khususnya industri hotel dan restoran dapat menggerakkan kembali kegiatan pariwisata.

Baca juga: Daerah Diminta Daftarkan Pekerja Sektor Pariwisata Terdampak Corona Terima Insentif

Dengan outcome, pertama untuk memperkuat perekonomian domestik tahun 2020. Kemudian melindungi mata pencaharian pekerja, serta dukungan fiskal sektor pariwisata.

“Semoga pandemi ini segera berlalu, masyarakat beraktivitas seperti biasa kembali dan ekonomi kita kembali bergairah,” harap dia.

Harapan ini kerap Jefridin sampaikan dalam setiap kesempatan bertemu dengan masyarakat. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk andil menerapkan protokol kesehatan sembari menunggu vaksin yang kini tengah dipersiapkan untuk mengatasi pandemi ini.

“Terapkan protokol kesehatan demi kemaslahatan bersama dan agar ekonomi kita bangkit lagi,” imbuhnya, belum lama ini. (r)