Bommen Segera Dilantik Jadi Anggota DPRD Batam

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Bommen Hutagalung bakal dilantik sebagai anggota DPRD Kota Batam pada 16 Agustus 2017. Dia ditunjuk melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW) untuk menggantikan almarhumah Rekaveny Respationo dari Fraksi PDIP.

“Kami minta Sekwan (Sekretaris DPRD Batam) untuk mempersiapkan segala sesuatu dalam pelantikan nantinya,” ujar Wakil Ketua I DPRD Batam, Zaenal Abidin, Senin 7 Agustus 2017.

Kursi yang bakal ditempati Bommen sudah kosong sejak Januari lalu, pasca-meninggalnya Rekaveny karena sakit. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam kemudian menggelar pleno pada akhir Maret 2017. Hasilnya, menetapkan Bommen yang memperoleh suara terbanyak berikutnya untuk menduduki kursi legislatif yang ditinggalkan Rekaveny.

Bommen merupakan peraih suara terbanyak ketiga di daerah pemilihan Lubukbaja dan Batamkota pada Pemilu Legislatif 2014. Sedangkan peraih suara terbanyak pertama adalah Rekaveny dengan 4.845 suara.

Sementara peraih suara terbanyak kedua adalah Ganda Tiur Maritje Simorangkir dengan 2.537 suara. Karena Ganda Tiur sudah duduk sebagai anggota DPRD Kota Batam periode 2014-2019, maka Bommen lah yang kemudian masuk untuk menggantikan Rekaveny.

Menurut Ketua KPU Batam Agus Setiawan, hasil pleno tersebut sudah diserahkan kepada DPRD Batam pada 3 April 2017. Tugas KPU selesai setelah menyerahkan nama calon legislatif (caleg) yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya pada daerah pemilihan yang sama. (R03)