BP Batam dan Jasa Raharja Hijaukan Waduk Duriangkang
General Manager Sumber Daya Air, Limbah, dan Lingkungan BP Batam, Ibrahim Koto (dua dari kanan) dalam penanaman pohon di Waduk Duriangkang, Jumat (27/11/2020).

Batam, BatamEkbiz.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Jasa Raharja melakukan penanaman 500 pohon di Daerah Tangkapan Air (DTA) Waduk Duriangkang. Penanaman pohon dlam rangka penghijauan ini berlangsung pada Jumat (27/11/2020) pagi.

Hadir dalam kegiatan bertema “Hijaukan Alam Untuk Negeri” ini para petinggi dan jajaran kedua lembaga. Antara lain General Manager Sumber Daya Air, Limbah, dan Lingkungan BP Batam, Ibrahim Koto. Sedangkan dari Jasa Raharja hadir Plt. Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepri, Masna Firles.

“Kami mengapresiasi inisiasi Jasa Raharja yang turut berpartisipasi melestarikan penghijauan di DTA, terutama di Waduk Duriangkang. Karena sebagian besar pasokan air baku di Batam berasal dari waduk ini,” ujar Ibrahim.

Menurut Ibrahim, BP Batam telah melakukan pemasangan pagar pada sebagian Waduk Duriangkang sebagai langkah preventif perusakan DTA. Ia juga menjelaskan pentingnya penghijauan di DTA untuk menjaga ketersediaan air baku waduk.

“Prinsipnya, air yang terserap di DTA pada akhirnya akan mengalir ke waduk. Sehingga, saat air waduk berkurang, DTA mampu menjadi sumber cadangan air yang akan memenuhi waduk,” jelasnya.

Baca juga: Hujan Buatan di Batam Difokuskan di Kawasan Waduk Duriangkang

Ibrahim berharap kegiatan penghijauan yang dilakukan Jasa Raharja dapat berlanjut di masa mendatang. Ia juga berharap kegiatan ini menginspirasi instansi dan komunitas penghijauan di Batam. Terutama untuk menjaga keseimbangan pasokan air baku di Batam.

Sementara itu Masna Firles mengatakan, pihaknya menyiapkan 500 bibit pohon dengan jenis tanaman berdaya serap air tinggi dalam penanaman itu. Penanaman pohon ini sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun PT Jasa Raharja ke-60 yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

“Penanaman pohon ini juga kami laksanakan untuk memenuhi salah satu misi PT Jasa Raharja, yaitu bakti kepada lingkungan. PT Jasa Raharja Cabang Kepri sendiri sebelumnya sudah melakukan kegiatan penghijauan beberapa kali. Di antaranya penanaman pohon mangrove di Kampung Terih dan Pulau Sempadan,” ujar Masna. (re)