Budidaya Lele di Ember, Emak-Emak Dapat Bantuan Bibit dan Perlengkapan

  • Whatsapp

Batam, batamekbiz.com – Setelah mendapatkan pembekalan yang cukup tentang tata cara budidaya ikan lele dan sayuran di ember, kini saatnya emak-emak kader Posyandu perwakilan kelurahan dari empat kecamatan di Kota Batam untuk mempraktikkan di halaman rumah masing-masing. Keempat kecamatan tersebut adalah Sekupang, Belakangpadang, Batuaji, dan Sagulung.

Anggota DPRD Provinsi Kepri dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Irwansyah.

Untuk memudahkan emak-emak mempraktikkan budidaya tersebut, Anggota DPRD Provinsi Kepri dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Irwansyah memberikan bantuan bibit dan perlengkapan. Bantuan tersebut terdiri dari bibit dan pakan ikan lele, ember, dan gelas plastik.

“Bantuan ini diberikan untuk memulai pilot project budidaya ikan lele dan sayur kangkung di dalam ember. Semoga hasilnya bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga,” harap Irwansyah, Sabtu (9/5/2020).

Budidaya ikan lele dan sayuran di ember ini caranya cukup mudah untuk dikembangkan. Hasilnya sangat lumayan, baik untuk konsumsi keluarga maupun untuk dijual.

Untuk membuat budidaya ikan di ember, simak langkah-langkah berikut ini:
1. Lubangi bagian bawah dari gelas plastik yang sudah disiapkan menggunakan solder ataupun paku yang sudah dipanasi. Gunanya adalah untuk menyerap air saat ditanami kangkung di dalamnya.
2. Potong kawat yang lentur sekitar 15 cm lalu bengkokkan seperti huruf U agar nantinya bisa dikaitkan ke ember. Untuk bentuk pembengkokan/pembentukan kawat.
3. Selanjutnya isilah gelas dengan bibit kangkung yang ada akarnya.
4. Setelah gelas diisi bibit kangkung, masukkan arang sekitar setengah gelas.
5. Isilah ember dengan air secukupnya hingga sampai batas garis, lalu diamkan selama 2-3 hari agar air memiliki suhu stabil.
6. Masukkan bibit lele yang sudah disiapkan. Dalam satu ember bisa diisi antara 60 sampai 100 bibit lele.
7. Cantolkan kangkung yang sudah disiapkan di gelas plastik tadi pada pinggiran ember dan usahakan bagian bawah gelas terendam air hingga setengahnya.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *