Ciptakan wirausahawan mandiri dari koperasi

  • Whatsapp

Lubukbaja, BatamEkbiz.Com — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (PMPK-UKM) Kota Batam memaparkan pentingnya koperasi kepada calon wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa. Pemaparan ini disampaikan dalam pelatihan kewirausahaan yang digagas DPD Garuda Muda Indonesia (GMI) Provinsi Kepri di Gedung Saifa Institute Batam Baloi, Sabtu (4/10/2014).

Kabid Koperasi Dinas PMPK UKM, Zulkarnain mengatakan bahwa generasi muda sekarang kurang peduli dalam pendayagunaan koperasi. Padahal koperasi bisa menjadi wadah untuk menjembatani seseorang untuk menjadi wirausahawan sukses.

Bacaan Lainnya

“Kita memiliki banyak peluang dari koperasi, terutama untuk dapat memajukan taraf hidup anggotanya,” ujarnya.

Menurut Zulkarnain, koperasi bisa melahirkan wirausahawan yang mampu memberikan kontribusi tidak hanya kepada anggotanya, tapi juga masyarakat umum. Jumlah koperasi di Batam masih tergolong minim dan masih banyak sektor-sektor lain yang belum terjamah.

Bagi generasi muda, kesadaran untuk berkoperasi bisa menjadi sarana dalam meningkatkan daya kompetensi dan keberanian untuk berkompetisi. Yakni dengan menciptakan wirausaha-wirausaha yang mandiri dan mampu bersaing dalam perdagangan bebas, menyongsong AFTA 2015.

“Dari angka kepadatan penduduk Batam, jumlah koperasi masih tergolong kecil. Masih ada sektor yang belum terjamah oleh koperasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin yang juga hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu mengakui pentingnya generasi muda berkarakter dan mempunyai jiwa wirausaha. Generasi-generasi muda tangguh itulah yang nantinya mampu bertahan dan memenangkan persaingan dengan sumber daya manusia asing.

“Kita membutuhkan generasi muda tangguh yang mampu bersaing menyongsong AFTA 2015. Kita tidak boleh kalah,” katanya.

Menurut Muslim, generasi muda saat ini dituntut memiliki kompetensi yang jelas dan kemampuan untuk bersaing. Di antara kemampuan yang perlu dimiliki adalah bahasa dan teknologi, yang saat ini menjadi perhatian utama Dinas Pendidikan Kota Batam.

“Dengan kemampuan bahasa dan penguasaan teknologi, kita mampu bersaing di dalam ataupun di luar negeri,” imbuhnya. (R05)