Dapatkan Promo Belanja di 72 e-Commerce 5-13 Mei
Sebanyak 72 platfom e-commerce akan menggelar promosi di Hari Bangga Buatan Indonesia (Hari BBI) 2021 pada 5 hingga 13 Mei 2021.

BatamEkbiz.com – Sebanyak 72 platfom e-commerce akan menggelar promosi di Hari Bangga Buatan Indonesia (Hari BBI) 2021 pada 5 hingga 13 Mei 2021. Promosi ini terjalin lewat sinergi Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berharap promosi platform e-commerce tersebut dapat mendorong konsumsi rumah tangga di masyarakat. Sehingga dapat terus berjalan di tengah kebijakan pemerintah yang melarang mudik Lebaran guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Pencanangan Hari BBI 2021 ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar momentum Ramadan dan Idulfitri 2021 dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, beberapa kebijakan dan program perlu dilakukan agar konsumsi masyarakat dapat terus meningkat di tengah kebijakan peniadaan mudik,” katanya, Senin (3/5/2021).

Mendag Lutfi menegaskan, pemerintah mendorong platform e-commerce menyediakan program gratis ongkos kirim (ongkir) dan program-program promosi belanja pada Hari BBI. Promo ini dinilai akan mendorong masyarakat menunda mudik Lebaran sekaligus meningkatkan keinginan masyarakat berbelanja produk Indonesia.

Selain itu Mendag ingin Hari BBI 2021 menjadi momentum untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap produk buatan Indonesia.

“Bentuk yang paling sederhana dari wujud kecintaan terhadap Indonesia adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri. Semoga belanja daring di Hari BBI 2021 turut membantu menggerakkan perekonomian nasional,” ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan bahwa pelaksanaan Hari BBI merupakan langkah nyata mendukung pemulihan dan kebangkitan perekonomian Indonesia.

Penggunaan platform e-commerce di Hari BBI 2021 untuk memfasilitasi para pelaku usaha dalam negeri menurutnya akan semakin mendorong kemandirian dan kedaulatan digital dalam Transformasi Digital Indonesia.

Baca juga: Dapatkan, Promo Top Up Game Selama Ramadan

“Penggunaan platform secara masif ini juga didukung Pemerintah dengan penyediaan infrastruktur digital, talenta dan literasi digital serta penguatan pelindungan data pribadi para konsumen, yang dilakukan secara kolaboratif antara pemerintah, konsumen dan penyelenggara platform e-commerce,” katanya. (re)