Digitalisasi, Cara UKM Bertahan Saat Pandemi

  • Whatsapp
Dialog digitalisasi UKM
Dialog Produktif itu mengusung tema “Naik Kelas UMKM Lewat Digitalisasi” oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Jakarta, BatamEkbiz.com – Digitalisasi usaha kecil dan menengah (UKM) adalah agenda pemerintah untuk memulihkan dan transformasi ekonomi digital. Bagi UKM konvensional yang selama ini bertransaksi tatap muka, digitalisasi sangat membantu di masa pandemi. Kepala UKM Center Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Zakir Machmud, menyampaikan itu dalam dialog, Rabu (18/11/2020).

“Sekarang salah satu cara bertahan di saat pandemi adalah digitalisasi. Dengan bertransformasi secara digital, UKM bisa melakukan hubungan dengan konsumen maupun penyedia bahan baku,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dialog Produktif itu mengusung tema “Naik Kelas UMKM Lewat Digitalisasi”. Penyelenggaranya Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Saat ini, pemerintah dan pemangku kepentingan bahu membahu keluar dari tantangan yang timbul karena Covid-19. Selain menekan laju kasus Covid-19, pemerintah juga mengupayakan pemulihan perekonomian lewat beragam program. Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp695,2 triliun untuk perekonomian dan kesehatan.

Salah satu alokasi anggaran tertinggi adalah untuk menyokong UKM, sebesar Rp123,46 Triliun. Bentuknya berupa program subsidi bunga, penjaminan kredit, relaksasi pajak, dan bantuan produktif.