Dulu untuk Pengungsi, Kini Disiapkan untuk Pasien Epidemi

  • Whatsapp
Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kota Batam.

Galang dan Legendanya

Pulau ini punya legenda. Berdasarkan cerita yang beredar di kalangan masyarakat, ‘galang’ berarti ‘landasan’. Pulau ini dikenal memiliki kayu yang sangat baik untuk digunakan sebagai bahan dasar perahu. Namanya kayu seraya.

Bacaan Lainnya

Ceritanya, pada abad ke-16, Sultan Malaka memerintahkan pembuatan lancang (bahtera raja). Para prajurit pun mencari bahan untuk pembuatan lancang itu sampai akhirnya mereka menemukan bahan itu di Pulau Galang.

Saat membuat kapal, datang seorang penduduk setempat yang bernama Canang. Merasa tak kenal, para pembuat kapal mengusirnya. Diusir, Canang tersinggung. Ia bersumpah, lancang yang dibuat prajurit itu tidak akan bisa turun ke laut kecuali ada tujuh wanita hamil anak pertama yang sudi menjadi landasan.

Karena perahu harus disetor kepada sang sultan, para prajurit itu mencari tujuh wanita yang hamil anak pertama. Setelah terkumpul, prajurit meminta mereka untuk menjadi galangan. Benar, begitu wanita hamil itu berjajar, kapal turun. Cerita itu tersebar. Sejak itu, pulau itu disebut Pulau Galang.

Kini, ketika Corona mewabah, Presiden Jokowi berencana membangun rumah sakit khusus untuk penyakit menular. Sejak Jokowi mengumumkan rencananya, sejumlah pejabat negara sudah bolak-balik meninjau lokasi bekas pengungsian tersebut. Adalah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahtjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang
terpantau belakangan mendatangi lokasi tersebut. (re)